Berita Daerah

Setiap Bangunan di Kotamobagu Harus Punya IMB

Setiap Bangunan di Kotamobagu Harus Punya IMB Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Setiap Bangunan di Kotamobagu Harus Punya IMB Berita Daerah Berita Kotamobagu

Sande Dodo

KOTAMOBAGU- Walikota Tatong Bara meminta semua bangunan yang berdiri harus mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan membuat IMB, secara langsung turut berpartisipasi membangun Kotamobagu.

“Dengan IMB, bangunan yang didirikan memiliki izin, dan retribusi IMB dapat digunakan untuk masyarakat,” kata Tatong,

IMB penting agar masyarakat dalam mendirikan bangunan sesuai dengan rencana tata kota. Dengan izin tersebut lanjutnya, masyarakat bisa berkontribusi berupa retribusi bangunan. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

“IMB wajib dimiliki setiap masyarakat yang akan mendirikan bangunan dan usaha, atau pada setiap bangunan yang berdiri di atas tanah baik permanen maupun semi permanen,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kotamobagu Sande Dodo menjelaskan, setiap bangunan yang akan didirikan harus memiliki IMB. Ukurannya harus sesuai dengan IMB. Ia menjelaskan, sejak 2008 hingga 2016, dari 25.000 bangunan, baru 1.365 yang mengantongi IMB. Sisanya 23.635 bangunan ilegal (tak kantongi izin).

“Persentasenya baru 5%, belum mencapai 50%. Jadi, dalam IMB itu sudah ada jarak antara badan rumah dan jalan. Kalau kurang dari itu atau tidak sesuai, maka akan ada sanksi. Ini sudah sesuai dengan Perda serta Perwako,” kata Sande. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top