Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu
Berita Daerah

Tekan Pengangguran, BKK SMKN 1 Kotamobagu dan PT Indomarco Prismatama Rekrut Karyawan

Tekan Pengangguran, BKK SMKN 1 Kotamobagu dan PT Indomarco Prismatama Rekrut Karyawan Berita Daerah Berita Kotamobagu Berita Nasional Sulut
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU – Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Kotamobagu, Selasa (14/5/2019), melakukan rekrutmen karyawan bersama PT Indomarco Pristama (Indomaret Group). Untuk tahap awal, kegiatan ini diikuti 55 orang pencari kerja yang merupakan lulusan di sekolah tersebut.

Perlu diketahui, BKK adalah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, yang bermitra dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu.

Ketua BKK SMK, Dian Ekawati Maani mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT Indomarco Prismatama, sebab tidak semua Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) mau berkontribusi terhadap pendidikan SMK yang sangat membutuhkan pasangan dunia kerja dunia industri.

“Dengan adanya MOU dengan DUDI maka akan semakin mempermudah putra putri daerah, terutama siswa lulusan SMK dalam mencari pekerjaan, mengurangi tingkat pengangguran,” jelasnya.

Dian menambahkan, ketika alumni SMK terserap pada dunia kerja, maka tercapailah salah satu komponen pengukur keberhasilan pendidikan di SMK, khusunya SMKN 1 Kotamobagu.

“Jika biasanya mereka harus mencari sendiri info lowongan kerja, menunggu jadwal rekrutmen maka dengan adanya BKK sekolah, prosesnya lebih mudah,” katanya.

Seperti yang dilaksanakan di SMK N 1 Kotamobagu kemarin, pencaker tidak perlu ke perusahaan. Hanya mendatangi BKK sekolah mengikuti tes awal tanpa membawa berkas.

“Kalau lolos dalam tes awal dan wawancara barulah kelengkapan berkas diminta,” ungkapnya.

Dia berharap, DUDI di Kota Kotamobagu, dapat menjalin kerjasama kemitraan dengan BKK dalam melakukan rekrutmen karyawan.

“Semoga semua DUDI akan berkontribusi untuk menjadi mitra dalam mendukung keberhasilan pendidikan SMK, terutama di sekolah kami SMKN 1 Kotamobagu yang memiliki jumlah lulusan yang cukup banyak. Kami berharap BKK sekolah kami akan mencapai tujuan, yaitu wadah dalam mempertemukan tamatan dan perusahaan pencari tenaga kerja,” pungkas Dian.

Human Resources Development (HRD) Rekruitmen Karyawan PT Indomarco Prismatama, David Tumarar mengatakan, pihak perusahaan sangat berterima kasih dengan adanya kerjasama dengan BKK di SMK Negeri 1 Kotamobagu.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kerjama BKK, sangat membantu. Apalagi, yang menjadi pencaker adalah alumni SMK,” kata David.

Dia menambahkan, kerjasama PT Indomarco Prismatama dengan SMKN 1 Kotamobagu akan berlangsung jangka penjang.

“Kerjasama kita jangka panjang dan rekruitmen akan kami laksanakan setiap tahun di SMK N 1 Kotamobagu. Sudah ada MoU antara pihak perusahaan dan pihak SMK,” jelasnya.

Seperti diketahui, dari 55 pencaker yang mengikuti tes awal, 34 orang dapat melanjutkan ke tes wawancara. Hasilnya, 18 orang yang dinyatakan lulus wawancara langsung briefing di Indomaret Jalan Kampus Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat.

PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) adalah salah satu anak perusahaan Salim Group yang berdiri sejak tahun 1988. Indomaret sebagai pioneer bisnis gerai waralaba dan merupakan yang terbesar di Indonesia, dengan total gerai >16.336 (Jan 2019) dan pertumbuhan sampai dengan 7 gerai per harinya. Saat ini terdapat 28 kantor cabang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Indomaret Group memiliki 10 sektor bisnis yaitu: Retail (Indomaret, OMI, Ceria Mart), Grocery (Indogrosir), IT Consultant (AGCI), Food and Baverages (Yummy Choice, Point Café), Shopping Plaza (BSD Plaza), Bakery (Mr Donut, Mr Bread, Prime Bread), Japanese Restaurant ( Washoku Sato), e-wallet (I-saku), e-commerce (Klik Indomaret), dan ekspedisi (Indo Paket).

Setelah lebih dari 20 tahun pengalaman mengelola bisnis retail berskala besar, Indomaret Group memiliki visi untuk menjadi asset nasional yang unggul dalam persaingan global sehingga dibutuhkan tenaga kerja professional muda yang dapat menjadi Future Leader Indomaret Group. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top