Berita Ekonomi

Erick Thohir Jadi Menteri, Bisnis BUMN dan Swasta Bakal Makin ‘Mesra’

Erick Thohir Jadi Menteri, Bisnis BUMN dan Swasta Bakal Makin 'Mesra' Berita Ekonomi
Kroniktotabuan.com

Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yakin, kerja sama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta menjadi semakin kuat pada tahun 2019-2024. Sebab, Menteri BUMN saat ini, Erick Thohir berlatar belakang swasta dan tahu bagaimana mengembangkan perekonomian bangsa.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani, mengaku telah mengenal Erick sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, alias merupakan teman sepermainan. Karena itu, hubungan tersebut diyakini akan berdampak baik untuk mendongkrak sinergi antara swasta dan BUMN.

“Kami berjuang bareng, dan sangat mengerti untuk mengembangkan perekonomian di negara kita ini, harus dilakukan bersama-sama. Kerja sama BUMN dengan swasta itu adalah mutlak harus dilakukan,” kata Rosan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.

Sebagai pengusaha swasta, Rosan mengatakan, akan memberikan dukungan penuh kepada Kabinet Indonesia Maju. Dia mengaku tak ragu soal kemampuan para figur yang ditunjuk sebagai menteri.

“Karena saya juga senang hampir semua teman-teman saya (Di kabinet), banyak pengusahanya, jadi ini juga akan membuat komunikasi dan sinergi dengan dunia usaha akan menjadi lebih baik,” kata dia.

Menurutnya, ini adalah jalan yang tepat untuk menyikapi dinamika ekonomi yang terjadi pada saat ini. Soal dominasi BUMN di proyek infrastruktur, Rosan hanya berharap bahwa ke depan sinergi akan lebih baik.

“Insya Allah sinerginya makin baik. Sehingga teman-teman pengusaha juga sangat bersemangat. Kita juga akan berikan masukan-masukan yang sifatnya konstruktif,” kata dia.

Dia juga mengaku tak khawatir adanya holding BUMN akan menggerus bisnis swasta. Justru, lanjut dia, holding akan membuat BUMN semakin kuat.

“Kalau kuat itu kan bisa gandeng pihak swasta lainnya. Saya juga ingin kok holding BUMN itu bisa jadi pemain global. Arahannya memang jangan jago kandang, jadilah pemain global, paling tidak regional,” tuturnya.(*)

Sumber : viva

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top