Berita Ekonomi

Kelompok Inanipon Jaya Produksi Beras Segar Dalam Kemasan

Kelompok Inanipon Jaya Produksi Beras Segar Dalam Kemasan Berita Ekonomi Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU-Tak dipungkiri lagi kalau beras Kotamobagu memiliki kualitas terbaik di Sulawesi Utara (Sulut). Beras dari daerah ini dicari di mana-mana untuk dikonsumsi.

Untuk melengkapi kualitas beras Kotamobagu, kelompok tani Inanipon Jaya Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, kini sudah menyediakan beras segar dalam bentuk kemasan.

Menurut Sekretaris Kelompok Tani Inanipon Jaya, Lii Bambuena, beras segar dalam kemasan 5 kilogram (kg) paling banyak disediakan dan didistribusikan ke konsumen.

“Sementara ini produksi kami baru untuk didistribusi ke beberapa tempat. Terutama ke Toko Tani Indonesia (TTI) yang ada di sekitar Kotamobagu Utara,” kata Bambuena, Senin (21/10/2019), di Upai.

Soal kualitas beras sangat terjamin. Kelompok Inanipon Jaya selain mengelola dan memproduksi beras dari lahan sawah yang diolah sendiri, juga membeli gabah terbaik dari petani untuk diolah.

“Kami pilih mulai dari gabah yang kualitasnya bagus, kemudian diolah hingga menjadi beras, dan kita buat paket atau kemas dengan semenarik mungkin. Setelah itu kita distribusikan,” katanya.

Soal peralatan dan dana yang digunakan mengembangkan usaha kelompok tersebut, dia menyebut mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami dapat bantuan dari Pemprov Sulut berupa dana untuk menggerakan usaha dan memenuhi operasional kelompok. Kemudian juga dapat bantuan peralatan berupa timbangan elektrik, vacum sealer, box dryer atau mesin pengering, dan beberapa peralatan lainnya,” ungkapnya.

Kelompok Inanipon Jaya ini punya target tahun depan bisa memproduksi beras segar dalam jumlah besar untuk menjangkau permintaan dari pasar luar daerah  seperti Manado dan Bitung.

“Target kita seperti itu,” katanya. (mg2/bto)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top