Berita Hukum

Hari Ini Tuntutan, Dua LO JaDi-Jo Terancam Hukuman Begini

Hari Ini Tuntutan, Dua LO JaDi-Jo Terancam Hukuman Begini Berita Hukum
Kroniktotabuan.com

 

Hari Ini Tuntutan, Dua LO JaDi-Jo Terancam Hukuman Begini Berita Hukum

Suasana di ruang sidang sebelum pembacaan dakwaan pekan lalu untuk kedua terdakwa. (dok)

KOTAMOBAGU– Sidang lanjutan atas dua terdakwa dugaan pemalsuan tanda tangan warga, AG alias Anwar (64) dan FS alias Fuad, akan dilanjutkan Jumat (9/2/2018) hari ini, di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu.

Agenda persidangan adalah pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap kedua terdakwa yang juga Liasion Officer (LO) atau petugas penghubung pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota, Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (JaDi-Jo).

Sebelumnya, Kamis (8/2/2018) siang kemarin, sidang menghadirkan dua saksi meringankan untuk kedua terdakwa. Sorenya dilanjutkan dengan pemeriksaan untuk kedua terdakwa.

Untuk perkara dugaan pemalsuan tanda tangan warga pada syarat dukungan calon perseorangan ini, kedua terdakwa Anwar dan Fuad didakwa melanggar Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 185 A Ayat (1).

Dikutip dari berbagai sumber, begini bunyi pasal tersebut;  Setiap orang yang dengan sengaja memalsukan daftar dukungan terhadap calon perseorangan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 (tiga puluh enam) bulan dan paling lama 72 (tujuh puluh dua) bulan dan denda paling sedikit Rp36.000.000,00 (tiga puluh enam juta rupiah) dan paling banyak Rp72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah).

“Besok (hari ini) agenda sidang adalah pembacaan tuntutan JPU, sorenya pledoi atau pembelaan. Senin putusan,” kata Ketua Majelis Hakim Warsito SH. (zha)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top