Berita Hukum

Polisi Tilang Kendaraan Pakai Rotator dan Sirine

Polisi Tilang Kendaraan Pakai Rotator dan Sirine Berita Hukum
Kroniktotabuan.com
Polisi Tilang Kendaraan Pakai Rotator dan Sirine Berita Hukum

Tampak polisi meminta pengendara mencopot lampu rotator dari kendaraannya.

KOTAMOBAGU- Banyak kendaraan pribadi di Kotamobagu yang menggunakan lampu rotator dan sirine. Padahal penggunaannya di kendaraan pribadi jelas dilarang. Apalagi disalahgunakan dan cenderung mengganggu kenyamanan pengendara atau masyarakat.

Karena itu, kendaraan yang menggunakan lampu rotator dan sirine langsung ditilang saat petugas gabungan dari Satlantas Polres Bolmong, Sub Denpom, Dishub Kotamobagu dan UPTS Samsat menggelar razia gabungan di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, Selasa (31/10/2017).

“Penggunaan aksesori ini tidaklah sembarangan dan harus berdasarkan aturan yang berlaku. Sehingga itu kami tilang dan pengendara wajib mencopot sirine maupun totator saat itu juga,” ujar Kepala Regiden Satlantas Polres Bolmong, IPDA Hambey Lasut, yang memimpin razia.

Kasat Lantas Polres Bolmong, AKP Arke Palundun menegaskan, tidak semua kendaraan bermotor bisa menggunakan sirine dan lampu rotator. Pemasangan sirine, lampu stobo dan rotator pada kendaraan diatur sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Pasal 59 ayat 5, pengguna lampu isyarat dan sirine hanya mobil petugas kepolisian, mobil tahanan, pengawalan TNI, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah dan jenazah serta mobil partoli jalan tol, serta pengawasan sarana prasarana lalu lintas,” sebut Arke

Oleh karena itu lanjut Arke, apabila penggunaan komponen tersebut di luar ketentuan, maka pelanggar dapat dikenakan ketentuan pidana sesuai dengan Pasal 287, dengan ancaman pidana kurungan maksimal 1 bulan dan denda Rp250 ribu.

“Imbauan kepada pengendara umum, agar jangan memasang aksesori seperti sirine dan lampu rotator. Kami selalu ingatkan itu,” pungkasnya. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top