Berita Hukum

Terjaring Razia, Para Remaja Ini Memohon Ampunan Tuhan

Terjaring Razia, Para Remaja Ini Memohon Ampunan Tuhan Berita Hukum
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Operasi Keselamatan Samrat 2019 Satlantas Polres Kotamobagu yang digelar di sepanjang jalur Paloko Kinalang tepatnya samping eks kantor Bupati Bolmong, berhasil menjaring puluhan pelanggar, Kamis (2/5/2019).

Dalam operasi yang digelar sekira pukul 09.00 Wita ini, banyak pelanggar terjaring adalah para remaja di bawah umur yang tidak menggunakan kelengkapan berkendara seperti helem, kaca spion dan tidak memilili Surat Izin Mengemudi (SIM).

Beberapa remaja ini pun kemudian oleh anggota Satlantas, dikumpulkan dan diminta untuk melakukan doa bersama.

“Kami memohon ampun dan berjanji kepadamu Tuhan, tidak akan lagi melanggar lalu lintas,” ucap salah satu pelanggar yang memimpin doa tersebut.

Setelah selesai berdoa, remaja-remaja ini diberikan himbauan dan rencanaya tidak akan dilakukan penilangan. Namun saat dilihat dari pelanggaran yang dilakukan, anggota Satlantas berubah pikiran dan akhirnya melakukan penilangan terhadap para remaja ini.

“Sebenarnya hanya kita berikan himbauan saja, tapi saat diperiksa kendaraannya ternyata banyak pelanggaran yang didapati seperti tidak menggunakan spion, tidak membawa STNK dan menggunakan knalpot bising. Berdasarkan hal itu maka kita lakukan penilangan,” kata Kanit Turjawali IPDA Fri Gunawan kepada Kronik Totabuan.

Lebih lanjut Fri menjelaskan bahwa operasi kali ini mengedepankan Dikmas (Pendidikan Masyarakat).

“Kita lebih mengedepankan Dikmas, sehingga lebih banyak himbauan dibandingkan penindakan. Namun tentunya kita lihat dari jenis pelanggar kalau hanya ringan kita himbau saja, tapi kalau pelanggarannya berat maka kita tilang,” pungkasnya. (sav)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top