Menu

Mode Gelap

Health

Jangan Panik! Atasi Sakit Gigi dengan 4 Bahan Alami Ini


2 Des 2023 10:25 WITA


 A girl toothache in the bed Perbesar

A girl toothache in the bed

KRONIK TOTABUAN – Sakit gigi bisa menjadikan seseorang merasa tidak nyaman. Sakit gigi memang sulit untuk diabaikan, meskipun sebagian besar keluhan tidak membahayakan.

Sakit gigi terjadi akibat saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi teriritasi. Biasanya penyebab paling umum dari sakit gigi seperti infeksi gigi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi.

Tapi jangan khawatir, sebagai alternafif untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa menggunakan sejumlah bahan alami seperti bumbu dapur atau bahan-bahan yang ada di rumah.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Kamis (30/11/2023), berikut bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan sakit gigi dengan cepat:

1. Garam dan Air
Salah satu cara untuk mematikan rasa dan mengurangi rasa sakit serta efek infeksi adalah dengan menggunakan larutan garam sederhana. Untuk membuat pengobatan mudah ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan larutan air asin ini selama sekitar 30 detik sebelum dimuntahkan. Ulangi beberapa kali sehari. Air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

2. Teh Peppermint
Mengoleskan pasta pepermin atau menyeduh teh kental yang dibuat dari daun peppermint dapat membantu mengurangi rasa sakit di sekitar gigi atau gusi.

Faktanya, teh peppermint sederhana dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mencegah bakteri dan dapat memberikan efek mati rasa ringan.

3. Minyak Cengkeh
Oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas. Letakkan kapas di area yang sakit selama 15 menit. Minyak cengkeh memiliki sifat analgesik alami yang membantu mengurangi dan menghilangkan rasa sakit.

4. Kunyit
Untuk membuat obat sakit gigi ini, buatlah pasta sederhana dari bubuk kunyit dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta langsung ke area yang terkena. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi rasa sakit.(*Red)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Ahli Sebut Tanda-tanda Serangan Jantung Bisa Didentifikasi, Ini Penjelasannya

23 Februari 2024 - 13:50 WITA

Jarang Diketahui! Ini 4 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pop Corn

27 Januari 2024 - 18:49 WITA

Jarang Diketahui! Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Libas Gejala Kolesterol

21 Januari 2024 - 15:32 WITA

Simak! Berikut 5 Tips Cegah Flu dan Batuk di Musim Penghujan

16 Januari 2024 - 12:54 WITA

Waspada Kelesterol Tinggi Tak Biasa! Ahli Ungkap Berikut Gejalanya

15 Januari 2024 - 13:43 WITA

Simak! Ini 5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

11 Januari 2024 - 11:05 WITA

Trending di Headline News