Menu

Mode Gelap

Berita Kotamobagu

Komite Sekolah Dilarang Pungut Dana ke Siswa


8 Feb 2017 12:44 WITA


 Komite Sekolah Dilarang Pungut Dana ke Siswa Perbesar

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sulut, Helda Tirajoh, meyerahkan hasilan penilaian kepada Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.
Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sulut, Helda Tirajoh, meyerahkan hasil penilaian kepada Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

KOTAMOBAGU– Praktik pungutan liar (pungli) yang kerap terjadi di dunia pendidikan, menjadi perhatian serius Ombudsman. Tak hanya kepala sekolah atau guru, komite sekolah juga mendapat larangan keras melakukan pungutan dalam bentuk apapun kepada siswa maupun orang tua, sebab itu masuk kategori pungli.

Penegasan itu disampaikan Ketua Ombudsman Perwakilan Sulut, Helda Tirajoh, usai meyrahkan hasilan penilaian pelayanan publik kepada Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, Rabu (8/2).

“Sudah ada peraturannya. Keberadaan pengurus komite sekolah tidak dilarang. Tapi mereka tidak bisa memungut biaya sepeserpun dari siswa atau orang tua siswa. Karena itu termasuk pungli,” tegas Hilda, di hadapan walikota dan seluruh Kepala SKPD Kotamobagu, di Aula Rumah Dinas Walikota.

Komite sekolah, kata Helda, hanya bisa mencari dana di luar daripada siswa dan orang tua. “Berapapun besarannya tetap dilarang. Apalagi bantuan siswa miskin (BSM) dan lain untuk siswa, itu tidak boleh di potong,” katanya.

Ia menegaskan, jika Ombudsman menerima laporan ada komite sekolah yang melakukan pungli, pihaknya akan meminta walikota untuk menjatuhkan sanksi tegas.

“Tidak ada lagi pungutan oleh komite sekolah. Kami sudah berapa kali sosialisasi namun masih ada juga yang melakukan, dan laporannya selalu masuk ke kami,” ujarnya. (rez)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Mantan Bupati, Birokrat, Akademisi hingga Wartawan Senior, Berikut Daftar Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu dan Tugasnya

17 Juli 2024 - 22:06 WITA

Pemkot Kotamobagu Ikuti Evaluasi SAKIP Tahun 2024

17 Juli 2024 - 19:47 WITA

Pj. Walikota, Asripan Nani Lantik Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu

15 Juli 2024 - 16:02 WITA

Rembuk Stunting, Jusnan Minta Seluruh Stakeholder Kolaborasi Tekan Angka Stunting

15 Juli 2024 - 14:25 WITA

Pj. Walikota Hadiri Kegiatan Seremonial Kenal Pamit Kapolres Kotamobagu

15 Juli 2024 - 08:40 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Tutup Open Tournament  Sepakbola Walikota Cup 2024

13 Juli 2024 - 21:26 WITA

Trending di Berita Daerah