Berita Kotamobagu

Ada Patahan di Jalur Ring Road, PUPR Kotamobagu ke BPVMBG

Ada Patahan di Jalur Ring Road, PUPR Kotamobagu ke BPVMBG Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Jalur jalan lingkar (ring road) Kotamobagu terindikasi terdapat beberapa patahan. Dikhawatirkan jika benar ada patahan, umur jalan tidak akan lama karena akan mengalami kerusakan.

Untuk memastikan di mana saja titik patahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengikuti rapat asistensi dan konsultasi di Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BPVMBG) Bandung, Kamis (5/9/2019) kemarin.

Kepala Bidang Penataan Ruang, Adnan Pratama, mengatakan bahwa konsultasi harus dilakukan agar pada saat kegiatan pembangunan ring road dilaksanakan, tidak lagi ada kendala.

Adnan merupakan juga Panitia Pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan feasibility study dan Amdal ring road ini menambahkan, tidak ingin pengalaman di beberapa daerah terjadi di Kotamobagu.

“Di beberapa daerah jalan cepat rusak karena karena berada pada jalur sesar atau patahan tubuh bumi yang mengalami pergerakan. Kita mau pastikan jalan lingkar yang akan kita bangun aman, agar usianya bisa bertahan lama,” katanya, Jumat (6/9/2019).

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kotamobagu, Sande Dodo, menyebut konsultasi ke BPVMBG sangat penting dilakukan.

“Kita ingin hindari jalur patahan. Banyak contoh jalan rusak, seperti terjadi penurunan badan jalan karena berada di patahan. Contohnya di Desa Lobong, Kabupaten Bolmong yang akhirnya ruas jalannya dipindahkan. Intinya kita menghindari pembangunan yang mubazir,” kata Sande.

“Yang paling tahu daerah patahan di seluruh Indonesia ini adalah BPVMBG. Makanya jalur ring road dikonsultasikan ke BPVMBG.” Jelasnya. (mg1/bto)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top