.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Air Panas Matali, Objek Wisata Baru di Kotamobagu Berita Kotamobagu
Koalam air panas Banyuanget di Kelurahan Matali. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Di Kotamobagu telah ada tempat wisata pemandian air panas Banyuanget. Lokasinya berada di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Nurtia Mamonto, (53), warga Kelurahan Matali, yang mengelola tempat itu. Sumber air panas yang mengalir dari hulu di Gunung Ambang hingga ke lahan persawahan miliknya dimanfaatkan dalam bentuk kolam air panas.

Menurut Nurtia, kolam tersebut ia kelolah sejak tahun 2017. Air dialirkan melalui pipa besar sepajang 400 meter dari sawah sampai ke halaman rumah yang kini sudah dibuatkan kolam dengan desain menarik.

Luas kolam air panas ini berukuran 6X10 meter.  Kini kata dia, kolam air panas yang bertempat, di Kelurahan Matali Lingkungan 1 RT 1, Kecamatan Kotamobagu Timur itu menjadi salah satu tempat wisata di Kotamobagu dan diminati warga Bolmong Raya bahkan luar daerah.

Dia  membuat dua kolam renang yakni air panas dan dingin. Terlihat juga dua tempat selancar berwarna-warni. Di sisi kanan terdapat tempat memacing ikan air tawar dan kafe.

“Masuk ke kolam air panas Banyuanget ini, pengunjung harus mengeluarkan uang biaya masuk Rp10.000 per orang. Kolam ini beroperasi mulai Senin-Minggu pukul 06.00-18.00 Wita,” kata Nurtia, Rabu (8/8/2018).

Tampat permandian air panas ini, lanjutnya paling ramai pada saat akhir pekan dan hari libu.

“Bisanya kalau hari libur pengunjung mencapai 500-700 orang,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengujung, yakni Miky Mokodompit mengatakan, dirinya tidak perlu lagi pergi ke Kolam Air Panas di Bakan, karena sekarang sudah ada di Kotamobagu.

“Adanya kolam ini di Kotamobagu. Saya sudah tidak jauh-jauh lagi ke Bakan untuk mandi air panas,” katanya. (ger)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top