Berita Kotamobagu

Aset Senilai Rp35 Miliar sedang Ditelusuri Pemkot Kotamobagu

Aset Senilai Rp35 Miliar sedang Ditelusuri Pemkot Kotamobagu Berita Kotamobagu
Sande Dodo
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Temuan BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara, aset senilai Rp35 miliar milik Pemkot Kotamobagu tidak diketahui keberadaannya.

Aset itu berupa kendaraan roda empat, roda dua, mesin, komputer, laptop, dan peralatan lainnya yang tersebar di beberapa dinas.

“Dari Rp35 miliar nilai aset yang hilang, Rp17 miliar sudah kita dapat. Masih sekira Rp18 miliar nilai aset yang sedang kita telusuri terus,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda), Sande Dodo, Rabu (17/7/2019), di kantornya.

Sande mengatakan, pada saat pemekaran tahun 2007 lalu, aset Kotamobagu senilai Rp1,6 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari bangunan, jalan, kendaraan dan peralatan lainya.

“Aset yang ditelusuri ini sejak Kota Kotamobagu dimekarkan 12 tahun lalu. Ada juga aset yang baru beberapa tahun. Batas waktu tanggal 27 Juli mendatang sudah harus tuntas,” ujarnya.

Lanjutnya, jika aset tersebut sudah tidak ditemukan lagi, maka para pemegang aset harus bertanggungjawab.

“Kalau asetnya sudah hilang harus ada laporan kepolisian yang dilaporkan oleh pemegang aset. Dan pemegang aset nantinya akan dipanggil untuk disidang MPTGR. Tapi kalu ditemukan kemudian sudah rusak, itu akan dilakukan penghapusan aset, yang penting buktinya masih ada karena itu yang diminta BPK,” tandasnya. (zha)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top