BOS Triwulan Tiga Cair Berita Kotamobagu
Rastono
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan tiga dicairkan. 70 sekolah dasar (SD) dan 15 sekolah menengah pertama (SMP) di Kotamobagu, sudah menerima dana tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Disdik) Rastono Sumardi mengatakan, sebanyak Rp 15 miliar dana BOS untuk tahun 2018, dibagi empat tahap. “Itu sudah dicairkan bulan lalu. Semua sekolah sudah menerima dana BOS,” ungkap Rastono, Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, seharusnya dana BOS dicairkan minggu pertama di triwulan pertama. “Misalnya, triwulan tiga ini harus dicairkan pada Juli lalu, namun ini dicairkan pada akhir triwulan,” jelasnya.

Dikatakannya, manajemen pembayaran harus diubah kembali. Sebab banyak keperluan sekolah yang akan tertunda pembayarannya. “Bukan keterlambatan dari sekolah sebenarnya, namun manajemen yang harus dirubah, karena prosesnya dari pusat, kemudian turun ke provinsi dan disalurkan ke daerah, sehingga memang prosesnya lama,” terangnya.

Selain itu, untuk pencairan triwulan empat dipastikan juga akan tertunda. “Pastinya kalau manajemennya seperti ini, maka prosesnya pasti akan lama, sehingga diharapkan ke depan harus dirubah agar prosesnya pencairannya bisa dilakukan secepat mungkin,” pungkasnya. (tr1/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top