Manguni
Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Daerah

Butuh 196, Kotamobagu Hanya Dijatah 7 Guru PNS Tahun 2021

Ilustrasi. (Google)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 mendatang, Kota Kotamobagu hanya akan diberikan kuota 7 CPNS untuk formasi guru oleh Kemneterian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kuota itu tidak sebanding dengan kebutuhan guru saat ini di Kotamobagu yang mencapai 196. Itu belum dihitung dengan jumlah guru yang pensiun hingga akhir tahun 2020 ini.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kotamobagu, Srie Potabuga mengatakan, mengusulkan 196 tetapi disetujui Kemenpan-RB hanya 7 orang.

Menurut Srie, kekurangan guru juga potensi berkurang jika ada yang mengajukan pensiun dini atau berhenti.

“Jumlah guru PNS atau ASN di Kotamobagu saat ini 650 orang. Yang pensiun hingga September sudah 3 orang. Kalau sampai Desember 44 orang.

Diketahui, kekurangan guru di Kotamobagu sudah terjadi cukup lama. Untuk mengisi kekurangan, Dinas Pendidikan merekrut tenaga harian lepas (THL).

THL yang ditempatkan di hampir semua sekolah meski dengan gaji relatif kecil, hanya Rp1 juta per bulan, tak sedikit mereka memegang dua mata pelajaran sekaligus akibat kekosongan guru mata pelajaran. (bto)

Silahkan Berkomentar dengan Bijak, Menggunakan Akun Facebook Anda :

To Top