Cabai di Pasar 23 Maret Kotamobagu Tembus Rp80 Ribu Berita Kotamobagu
Penjual cabai di Pasar 23 Maret Kotamobagu. (dok)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Sejumlah komoditi di Pasar 23 Maret mengalami kenaikan harga. Salah satu paling mencolok adalah cabai.

Harga cabai kini sudah sampai Rp80 ribu per kilogram. Kenaikan cukup signifikan mengingat pekan lalu masih di kisaran Rp60- 65 ribu per kilogram.

Djainati Olii (45), salah satu pedagang di pasar 23 Maret Kotamobagu mengungkapkan, harga sekarang ini menyesuaikan dengan harga pengambilan mereka di tingkat petani.

“Kita mengambil dari petani dan pemasok itu juga lumayan tinggi. Rata-rata Rp70- 75 ribu per kilogram. Karena permintaan pasar juga banyak,” ujar Djaniati, di Pasar 23 Maret, Senin (16/9/2019).

Meski ada kenaikan harga, tetapi menurutnya penjualan masih stabil.

Sementara itu,  Kabag Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kotamobagu, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan pasar.

“Setiap saat monitoring. Khusus harga cabai saat ini sedikit fluktuatif Memang untuk komoditi ini harganya tidak stabil kadang naik kadang turun,  karena komoditi ini juga tidak boleh disimpan lama,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya kenaikan ini, pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan sejumlah pihak terkait.

“Kita lihat perkembangan 1-2 hari ke depan untuk ketersediaan stok dan daya beli masyarakat. Secepatnya akan kita bicarakan dengan TPID serta sejumlah pihak terkait. Di antaranya BPS, Bulog, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan pangan untuk selanjutnya di laporkan ke pimpinan,” pungkasnya. (mg1/bto)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top