Dana Kelurahan Diusulkan di APBD 2019 Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– 18 kelurahan di Kota Kotamobagu bakal ‘mandi duit’ 2019 mendatang. Pemerintah kota, melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) sudah mengusulkan belasan kelurahan ini untuk menerima dana kelurahan tahun depan. Demikian diungkapkan Kepala Tapem Marham Anas Tungkagi.

“Pihak kami sudah mengusulkan kepada tim anggaran pemerintah daerah, agar dana kelurahan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Induk 2019,” ungkap Anas, ketika diwawancarai Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, dana kelurahan saat ini sangat minim. Sehingga perlu ada perhatian untuk menunjang jalannya pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di sektor kelurahan. “Karena selama ini, kelurahan itu sangat kekurangan dana yang anggarannya pun hanya nempel. Mudah-mudahan di APBD induk 2019 anggarannya bisa terakomodir,” harap Anas.

Lebih lanjut dijelaskannya, dana kelurahan bakal diambil 5 persen dari dana alokasi umum (DAU). Tapi angka tersebut berlaku jika suatu daerah tidak memiliki desa. Kalau daerah tersebut memiliki desa, maka akan disesuaikan dengan besaran dana desa terendah. “Jadi seperti di Kotamobagu, ada 15 desa dan 18 kelurahan. Nah, jadi dana kelurahannya akan disesuaikan dengan dandes terendah. Kalau tidak ada desa maka akan diambil 5 persen dari DAU,” terangnya.

Meski begitu, dirinya belum memastikan bisa terakomodir tahun depan. Sebab kondisi keuangan belum memadai. “Kita lihat saja nanti, intinya semua sudah diusulkan ke TAPD. Selanjutnya akan dibahas bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kotamobagu. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” pungkas Anas. (*/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top