.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Daerah

Diisukan Gagal Tekan Angka Kemiskinan, Ini Kata Tatong

Kroniktotabuan.com
Diisukan Gagal Tekan Angka Kemiskinan, Ini Kata Tatong Berita Daerah Berita Kotamobagu

Tatong Bara

KOTAMOBAGU– Di momentum politik seperti saat ini, berbagai hal menyangkut pelayanan pemerintah sering dipelintir oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan prestasi atau keberhasilan pemerintah pun sering kali diputarbalikan faktanya. Hal itu disadari Walikota Kotamobagu Tatong Bara.

Akhir-akhir ini, kata Tatong, ada pihak tertentu menyebarkan isu bahwa pemerintah di bawah kepemimpinannya gagal menekan angka kemiskinan.

Isu tersebut, kata Tatong, tidak berdasar, mengada-ada dan terkesan tujuannya untuk menjatuhkan pribadinya.

Tatong menjelaskan, angka kemiskinan di Kotamobagu berdasarkan hasil verifikasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2017, mampu ditekan pada angka 5,9 persen.

“Tahun 2016, tingkat kemiskinan di Kotamobagu 5,58 persen, ini angka terendah kedua di Sulut. Sedangkan hingga 2017, kita mampu menekan angka kemiskinan sampai 5,9 persen. Pertanyaanya, gagalnya di mana?,” ujar Walikota Tatong Bara, Selasa (13/2/2018).

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kotamobagu juga terbaik di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, pendapatan per kapita, semuanya tertinggi se-BMR.

“Kotamobagu menempati urutan kedua dengan tingkat kemiskinan terendah setelah Manado. Hal ini adalah kesuksesan kita, bukti masyarakat Kotamobagu sejahtera. IPM juga tertinggi di BMR,” ujarnya.

Meski demikian tambah Tatong, beberapa hal yang menjadi kendala dalam menekan angka kemiskinan, adalah masih ada masyarakat yang belum mampu menepis perkembangan teknologi.

“Masyarakat kita sudah moderen. Perubahan gaya hidup, memaksa mengikuti arus globalisasi. Bagaiamana solusinya agar masyarakat tetap moderen tapi mampu menghasilkan pendapatan untuk kebutuhannya? Dengan cara memperbaiki struktur ekonomi masyarakat ditopang dengan pemberian modal usaha serta bantuan untuk masyarakat bisa mandiri dan mendapat pengasilan sendiri untuk menopang kehidupan sehari-hari,” katanya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top