Berita Kotamobagu

Dua Pelajar SMKN 1 KK Jadi Imam dan Khatib Idul Adha

Dua Pelajar SMKN 1 KK Jadi Imam dan Khatib Idul Adha Berita Kotamobagu Berita Nasional Sulut
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kotamobagu, melaksanakan solat Idul Adha 1440 Hijriyah di halaman Sekolah yang berada di Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, Minggu (11/8/2019).

Menariknya, dua orang siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di sekolah itu, yakni Frihandoko Paputungan dan Nicky Befli Lasanggo, menjadi petugas pelaksana. Nicky menjadi khatib sedangkan Frihandoko menjadi imam solat.

Frihandoko adalah anak dari Asmah Paputungan dan Yasti Paputungan. Sedang Nicky anak dari Befli Lasanggo dan Ratna Sugeha. Keduanya tinggal di Kelurahan Pobundayan dan mendapat bimbingan dari guru mereka Anton Manika. “Orang tua sangat mendukung kami,” kata Frihandoko diiyakan Nicky saat ditemui di SMK.

Menurut Frihandoko, menjadi imam solat di Idul Adha tahun ini di sekolahnya adalah pengalaman pertama. Meski dibeberapa kesempatan dia juga menjadi imam solat di Masjid Ainul Yakin Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan, namun kata Frihandoko, menjadi imam solat Idul Adha kesempatan yang sangat dia syukuri. “Sangat bersyukur karena bisa mendapat kesempatan memimpin ratusan jamaah solat yang sebagian besar adalah siswa,” kata Frihandoko.

Dia menceritakan pengalaman pertama menjadi imam solat di Kelurahan Pobundayan sejak usia 16 tahun kelas XI. Waktu itu solat subuh, saya diminta menjadi imam di masjid. Alhamdulillah saya bisa melakukan dan sudah sering memimpin solat di masjid pobundayan,” ujarnya.

Sementara, Nicky Befli Lasanggo mengatakan, menjadi khatib sudah sering dia lakukan. Bahkan saat solat Jumat hingga Idul Fitri. “Idul fitri barusan saya menjadi khatib di kelurahan pobundayan,” katanya.

Nicky menjelaskan, judul khutbah yang dia sampaikan pada Idul Adha tahun ini mengangkat judul Keluarga Ibrahim Cermin Indah Pengorbanan. “Inti dari khutbah yang saya sampaikan adalah, bagaimana kita menghilangkan sifat-sifat hewani yang ada pada diri kita. Apalagi kita sebagai pelajar,” ungkapnya.

Kepala SMK N 1 Kotamobagu Hj Sartika Paputungan melalui Ketua Program Studi (Prodi) Tehnik Komputer Informatika, Arpan Parutang mengatakan, salah satu program yang dilaksanakan setiap tahun di SMK N 1 Kotamobagu yakni solat Idul Adha. “Program ini dilaksanakan setiap tahun. Siswa juga menyumbangkan hewan qurban untuk disembelih dilingkungan sekolah,” kata Arpan.

Terkait dengan program imam solat dan khatib adalah siswa, menurut Arpan hal tersebut akan diterapkan setiap tahun juga. “Memang setiap Idul Adha, ada siswa yang ditunjuk sebagai imam dan khatib. Semoga program ini dapat berjalan dengan baik kedepanya dan menjadi motivasi bagi siswa lainya,” tandas Arpan. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top