Hutan Kota Bonawang Punya 100 Vegetasi dan 25 Fauna Berita Kotamobagu
Suasana di Hutan Kota Bonawang saat akhir pekan.
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Saat weekend, cobalah menghabiskan waktu dengan keluarga di Hutan Kota Bonawang di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Destinasi wisata alam ini menyuguhkan keanekaragaman hayati ini dijamin bisa membuat stress hilang. Selain itu berwisata ke Hutan Kota Bonawang juga bisa lebih mengedukasi anak tentang alam dan lingkungan beserta isinya.

Letaknya tak jauh dari pusat kota. Dengan luas 4,3 hektar, Hutan Kota Bonawang memiliki fungsi menyegarkan udara dan paru-paru kota.

Hutan Kota Bonawang memiliki 100 jenis vegetasi atau tanaman dan 25 jenis fauna di dalamnya.

Di antaranya, tanaman Nyatoh, Mahoni, Jatih Putih, Angsana dan pohon Cempaka. Sedangkan fauna ada Monyet, Tarsius, Ular Patola ukuran kecil, Ayam hutan, Kakak Tua, Burung Hantu dan Gagak serta masih banyak lagi.

Di tempat ini juga terdapat air terjun. Selain sebagai objek wisata alam, Hutan Kota Bonawang juga bisa menjadi tempat penelitian bagi para mahasiswa.

Pemerhati Lingkungan, Erwin Ch Makalunsenge, mengapresiasi pengelola Hutan Kota ini karena sudah lebih tertata.

“Hutan ini memiliki daya tarik tersendiri, selain berada di dekat pusat kota, hutan ini memberikan kesejukan bagi para pengunjung. Sarana dan prasarana yang dibangun di sana, ada shelter tempat peristirahatan yang berada di puncak, fasilitas jalan paving lima arah, sarana tempat penelitian, tempat belajar siswa dan mahasiswa serta jalan mendaki paving enam puluh anak tangga,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Agung Adati, mengatakan Hutan Kota Bonawang saat ini sudah masuk dalam daftar lokasi wisata di Kotamobagu. Bahkan, telah menjadi program Disbudpar ke depan untuk dikembangkan. (*/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top