Inovasi Baru, Bilalang I Menuju Smart Village Berita Kotamobagu
Ilustrasi. (google)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU-14 desa lainnya di Kota Kotamobagu perlu mencontoh Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara. Desa itu terus berinovasi dengan adanya topangan anggaran melalui dana desa.

Bilalang I kini sedang menuju Smart Village (Desa Pintar) dengan memanfaatkan Informasi dan Teknologi (IT) dalam pelayanannya kepada masyarakat.

Pemerintah Desa Bilalang I menargetkan tahun 2020 mendatang sudah bisa direalisasikan.

Menurut Sekretaris Desa, Hartono Mamonto, saat ini sudah disiapkan rencana pembuatan website desa.

Di website itu nantinya masyarakat bisa mengakses beberapa pelayanan dari pemerintah desa karena akan disiapkan beberapa fitur untuk pilihan pengunjung.

“Misalnya pembuatan surat usaha, bisa langsung lewat online. Kemudian masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau masukan kepada pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan,” kata Hartono, Jumat (18/10/2019).

Pemerintah Bilalang I, kata Hartono, membuat terobosan ini sebagai bentuk peningkatan dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, sosial dan kemasyarakatan.

“Tujuan utamanya pelayanan yang lebih maksimal lagi kepada masyarakat melalui pemanfaatan IT,” katanya.

Upaya Bilalang I menjadi Smart Vilage didukung penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar mengatakan, mendukung penuh rencana pencanangan Smart Village tersebut dan akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi admin atau operator IT Desa Bilalang I.

“Untuk road map pencanangan desa pintar kita juga siapkan. Pemerintah Desa Bilalang I tinggal menyiapkan anggaran dan SDM,” ujar Umar. (mg2/bto)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top