.
Kabid PR Ungkap Kendala Pengumpulan Retribusi IMB Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Kepala Bidang Penataan Ruang (PR) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Adnan Pratama, optimis akan mencapai target retribusi Izin Mendirikan Bangunan pada akhir Desember 2019 nanti.

Target tahun ini, kata Adnan, kurang lebih Rp1 miliar.

Ia mengakui dalam pengumpulan retribusi IMB tahun ini ada beberapa kendala yang sedikit berpengaruh terhadap realisasi IMB. Di antaranya yakni permintaan surat Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) saat pengajuan IMB. Tapi, kata Adnan, permintaan Andalalin ini hanya pada bangunan perusahaan.

“Tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Bangunan selain rumah tinggal dan rumah ibadah diminta surat Andalalin. Seringkali terkendala dengan itu. Banyak berkas yang terkendala disitu. Ada beberapa berkas pengajuan IMB ruko kebanyakan tertahan di pengurusan suket Andalalin,” terangnya.

Menurutnya, hal tersebut lah yang sedikit menghambat terkumpulnya realisasi IMB untuk tahun ini. Karena, untuk kelancaran pengurusan IMB, persyaratannya tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu.

“Kalau sudah wajib, harus sediakan dokumen Andalalin. Kalau belum wajib Andalalin, harus ada surat keterangannya. Tahun lalu belum seperti itu. Tahun ini sudah ada persyaratan itu. Lebih ketat lagi IMB ini. Jadi untuk pengumpulan retribusinya lebih pelan dari biasanya,” sebutnya.

Ia berharap, target IMB untuk tahun ini bisa dicapai di akhir Desember nanti.

“Mudah-mudahan kita akan capai. Apalagi sudah ketambahan personil dari THL dan CPNS, kita yakin dan optimis bisa capai target,” tandasnya. (tr2/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top