.
KIA Jadi Syarat Pada Penerimaan Siswa Baru Berita Kotamobagu
Virgina Olii
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu terus melakukan berbagai upaya untuk mengejar target dalam pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA).

Salah satunya yaitu melakukan terobosan program baru bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu.

“Kita sudah beberapa kali melakukan pembahasan bersama untuk memasukkan KIA sebagai salah satu persyaratan dalam penerimaan siswa baru,” kata Kepala Disdukcapil Virgina Olii kepada Kronik Totabuan di ruang kerjanya, Senin (6/5/2019).

Selanjutnya Virgina menjelaskan, data yang ada di Disdukcapil baru sekira 9.689 dari 37.246 anak di Kotamobagu yang memiliki KIA. Sehingga hal ini perlu adanya upaya yang lebih maksimal lagi.

“Karena untuk mengurus KIA juga butuh pengambilan atau tes golongan darah. Jadi banyak dari orang tua beralasan belum mau mengurus karena anak-anaknya ada yang takut dengan jarum suntik. Nah ini yang menjadi kendala,” ujarnya.

Meskipun begitu kata Virgina, nantinya para siswa yang baru mendaftar TK, SD, SMP dan SMA wajib sudah memiliki KIA. Serta harapannya agar para orang tua nantinya sadar, jika KIA sangat penting bagi anak.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Rukmi Simbala membenarkan hal tersebut.

“Ya, jadi untuk persyaratan siswa baru mulai dari TK hingga ke SMA semua harus dan wajib memiliki KIA,” pungkasnya. (sav)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top