Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu
Kotamobagu Pusat Perdagangan Sapi di BMR Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU- Kotamobagu kini menjadi pusat perdagangan hewan sapi se-Bolaang Mongondow Raya (BMR). Sejumlah peternak maupun pedagang sapi terpantau menempati beberapa lokasi untuk dijadikan pusat perdagangan. Seperti yang terletak di Jalan Dayanan, Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat. Pedagang yang berjualan di situ tidak hanya dari Kotamobagu, melainkan dari luar daerah.

Ade Mokodompit (45) warga Desa Pontodon, Kecamatan Kotamobagu Utara mengaku, peternak sapi di Kotamobagu cukup banyak. Dari tahun ke tahun, produksi sapi dari berbagai daerah di BMR melimpah.

“Lokasi penjualan pertama itu di samping kantor Pengadilan Negeri Kotamobagu, musola Lorong Lumoring, samping Siti Barokah, dan saat ini tepat di pasar serasi. Tapi, itu tidak hanya menempati saja, kita juga bayar sewaan. Setiap lima tahun biaya sewa 20 juta-an, tapi kita patungan,” akunya.

Dirinyapun membeberkan harga sapi yang diperjualbelikan bervariasi. Tergantung ukuran dan momen hari khusus. “Harga paling kecil bisa capai 4 juta, yang besar 20 juta. Itu karena hari-hari biasa. Nah, kalau hari-hari besar seperti Idul Adha bisa naik sampai 30 juta,” jelas Ade.

Menurutnya yang membuat hewan ini sangat mahal terdapat pada perbedaan jenis sapi. “Ada jenis sapi Bali, becan, biasa dan sapi Sumba. Nah, yang membuat mereka berbeda, kalau Sapi Sumba dia tinggi dan besar juga berkelas. Mirip juga dengan sapi Bali, kalau sapi biasa itu untuk orang-orang yang menengah, makanya sedikit murah. Tapi, kalau di lihat dari kwalitas daging paling enak itu sapi biasa. Kalau becan dan Bali dagingnya tawar,” paparnya.

Meski begitu, Ia mengakui bahwa lokasi perdangan sapi ini masih terbilang sempit. Dalam sehari paling rendah 25 ekor sapi ‘diparkir’ di lokasi ini. “Kami berharap pihak pemerintah ikut campur tangan membantu kami, misalnya soal lahan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu Manap Pudul mengatakan, pihaknya sedang dalam perencanaan lokasi sentra penjualan ternak sapi. Menurutnya, lokasinya berada di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, terpatnya di samping Rumah Potong Hewan (RPH).

“Kami juga ada petugas lapangan untuk memantau dan memeriksa hewan ini, apakah dia layak jual atau tidak, itu tergantung pemeriksaannya agar daging yang dikonsumsi warga itu sehat,” pungkasnya. (*)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top