Berita Kotamobagu

Kreatif, di Kotobangon Handuk Bekas Disulap Jadi Barang Bernilai

Kreatif, di Kotobangon Handuk Bekas Disulap Jadi Barang Bernilai Berita Kotamobagu
Farida Ginoga membuat berbagai barang dari handuk dan karpet bekas. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Siapa sangka karpet atau handuk bisa menghasilkan barang bernilai. Di tangan Farida Ginoga (42), perajin asal Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, karpet atau handuk disulap menjadi barang kreatif. Mulai dari vas bunga, asbak, dan piring hiasan.

Mama Aldi sapaan akrabnya, mengaku kerajinan tersebut masih terbilang baru. Pasalnya baru empat bulan digeluti. Namun tengah memberikan efek baik pada warga setempat. “Ya, bisa dikatakan baru 4 bulan usaha ini berjalan. Tapi, sudah lumayan banyak pesanan yang masuk, meskipun baru di sekitar Bolaang Mongondow Raya,” akunya.

Tak segan ia menceritakan, awalnya Alfian Mamonto, suaminya yang menggeluti pekerjaan tersebut. Ia hanya turut membantu. “Awalnya suami saya nonton di YouTube dan melihat kerajinan ini. Akhirnya tertarik, dibuatlah kerajinan ini. Tapi kerajinan ini hanya untuk  dipakai di  rumah saja. Setelah itu banyak tetangga yang melihat dan kelihatan bagus. Nah, sedikit demi sedikit ada yang datang membeli, akhirnya berkelanjutan buat usaha,” ceritanya.

Kepala lingkungan turut membantu usaha milik Farida dan Alfian ini. “Di sini Kepala Lingkungan Kotobangon ikut membantu kami. Awalnya modal kami hanya 250 ribu. Karena ada bantuan dari kepala lingkungan akhirnya kami melanjutkan usaha ini, dengan modal  awal sekitar 1 jutaan. Itu untuk membeli karpet, semen dan cat,” ungkap ibu dua anak tersebut.

Dirinya menawarkan harga mulai dari 30 ribu hingga 80 ribu rupiah. “Harga jual, ukuran vas kecil 30 ribu, vas besar 80 ribu, pot 50an ribu,” bebernya.

Dirinya mengakui, usaha seperti ini sangat membantu kebutuhan rumah tangga. Ia mengaku usaha ini sebenarnya belum dikenal betul oleh pemerintah Kotamobagu. “Kami sangat berharap, pemerintah membantu kami dalam bentuk apapun barang atau apapun, kita akan terima. Setidaknya bisa meringankan, apalagi dengan usaha-usaha seperti ini, Kotamobagu bakal dikenal dengan potensi-potensinya,” tandasnya. (*/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top