.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Makam Abo Tadohe, Masuk Destinasi Wisata Budaya Berita Kotamobagu
Tampak Makam Raja Abo Tadohe di Kelurahan Upai yang tidak terawat saat didatangi kelompok pemuda pecinta budaya Bolmong. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Semua potensi wisata di yang bisa dikembangkan menjadi fokus perhatian Pemkot Kotamobagu. Termasuk potensi wisata budaya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kotamobagu mencatat, salah satu yang potensi dikembangkan sebagai destinasi wisata budaya adalah Makam Raja Abo Tadohe di Bukit Kansil Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Kepala Disparbud Kotamobagu, Agung Adati mengungkapkan, beberapa lokasi sudah didata termasuk makam Raja Abo Tadohe.

“Ada 25 objek wisata sudah Rencana Induk Pengembangan Potensi Daerah (Ripparda). Namun, untuk pengembangannya dilakukan secara bertahap,” ujar Agung, Jumat (31/8/2018).

Terpisah, Lurah Upai Ridwan Mokoagow meyakini jika makam Raja Abo Tadohe digarap maksimal, akan mendatangkan pendapatan untuk daerah. Selain itu, bisa menjadi salah satu lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar lokas.

“Tinggal ditata lagi, dibuat lebih menarik bagi para pengunjung. Makam ini diyakini sejumlah warga sebagai salah satu makam keramat dan memiliki nilai bersejarah bagi peradaban suku Mongondow,” katanya. (tr1/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top