.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Kotamobagu

Miris! Gaji Guru Kontrak di Kotamobagu Hanya Rp1 Juta

Miris! Gaji Guru Kontrak di Kotamobagu Hanya Rp1 Juta Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU- Hampir semua sekolah di Kotamobagu mengalami kekurangan guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak beberapa tahun terakhir.

Untuk mengisi kekosongan guru di sekolah, Pemkot Kotamobagu merekrut tenaga kontrak. Sayangnya guru kontrak yang direkrut mengabdi di SD maupun SMP yang menjadi tanggung jawab Pemkot Kotamobagu, belum mendapat perhatian lebih dari sisi kesejahteraan mereka.

Bisa dibayangkan, ratusan guru kontrak yang diberi tugas cukup berat untuk mendidik serta membentuk karakter siswa di sekolah, hanya digaji sebesar Rp1 juta perbulan. Tidak sebanding dengan tugas berat yang dibebankan.

Kondisi guru kontrak di SD dan SMP di bawah Pemkot Kotamobagu tidak seperti guru kontrak SMA dan SMK yang digaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) yakni Rp2,8 juta.

Baca Juga: Gaji Tenaga Kontrak Akan Naik, Pemkot Kotamobagu Siapkan Aplikasi e-CHK

“Akhir 2017 lalu kami dijanjikan akan naik gaji, tapi nyatanya 2018 tetap Rp1 juta perbulan. Kemudian beberapa bulan lalu juga dijanjikan bakal naik 2019 mendatang, tapi kami sudah dengar informasi tidak akan naik. Intinya kesejahteraan kami guru kontrak belum diperhatikan Pemerintah Kotamobagu,” ungkap sejumlah guru kontrak saat bersua wartawan Kronik Totabuan, Kamis (8/11/2018).

“Terus terang Rp1 juta kalau dihitung dengan biaya transportasi ke sekolah dan konsumsi kami selama sebulan di sekolah, tidak cukup. Tapi kami ikhlas mengabdi demi anak-anak di sekolah. Harapan kami 2019 mendatang ada kebijakan Pemerintah Kotamobagu dan bisa memperhatikan kami guru kontrak,” ucap para guru ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kotamobagu, Rukmi Simbala, belum berhasil dimintai tanggapannya soal harapan ratusan guru kontrak yang meminta gaji mereka dinaikkan.

Namun Juli 2018 lalu Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, pernah memberikan pernyataan akan menaikkan honor atau gaji seluruh tenaga kontrak di Kotamobagu. (tr2/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top