.
Berita Daerah

Pemkot Gelar Sosialisasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran

Pemkot Gelar Sosialisasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Pemkot Gelar Sosialisasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Berita Daerah Berita Kotamobagu

Sosialisasi Percepatan Kepemilikan Akte Kelahiran Anak

KOTAMOBAGU– Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) bekerjasama dengan KementerianPP dan PA melakukan sosialisasi percepatan kepemilikan akte kelahiran anak, Kamis (30/3). Sosialisasi digelar di Sutanraja Hotel.

Akta kelahiran anak sebagai identitas resmi sesuai dengan Undang- Undang RI Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Karena itu, Kata Kepala Dinas PP & PA Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora, sosialisasi ini penting dilakukan mengingat masih banyaknya anak di Kotamobgu yang belum memiliki akta kelahiran.

“Sosialisasi kepada masyarakat agar orang tua yang anaknya belum memiliki akta lahir, segera mengurusnya. Saya jamin semuanya gratis alias tidak dipungut biaya,” kata Rafiqa.

Pihaknya menilai, masih tingginya angka anak yang belum berakta di Kotamobagu disebabkan karena minimnya kesadaran orang tua mengurus akta untuk anak. Di sisi lain juga kata dia,  disebabkan oleh minimnya pemahaman akan pentinganya akte kelahiran untuk anak.

“Makanya itu akan ita dorong agar orang tua secepatnya mengurus akta kelahiran untuk anak,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Undang- Undang Nomor 23 Tahub  2006 Tentang Administrasi Kependudukan disebutkan setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana di tempat terjadinya peristiwa kelahiran paling lambat 60 hari sejak kelahiran.

Adapun, syarat yang dibutuhkan untuk mengurus atau membuat akta kelahiran anak antara lain, foto kopi surat nikah orang tua, surat keterangan dari RT, kelurahan, dan kecamatan lalu dibawa ke Dinas catatan sipil dan kependudukan setempat.

Selain untuk sosialisasi ke masyarakat, sosialisasi ini juga akan dilakukan di semolaj untuk menjaring orang tua yang belum menguruskan akta kelahiran bagi anaknya. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top
loading...