Potensi Wisata Air Panas Bilalang I Dilirik Berita Kotamobagu
Sumber air panas di Bilalang I. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Ada yang menarik di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara. Di desa itu, terdapat beberapa tempat yang bisa dilirik jadi tempat wisata di Kotamobagu. Selain batu putih malelalang, tenyata ada juga air panas yang konon kata masyarakat setempat adalah akar dari Gunung Ambang yang terletak di Bolaang Mongondow Timur.

Menuju lokasi air panas itu, biasanya berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer dari pemukiman warga. Dengan melewati pinggiran Sungai Bilalang, pengunjung hanya memerlukan waktu tempuh 15 hingga 30 menit.

Dari cerita warga, air panas tersebut merupakan tempat pemandian warga Bilalang pada zaman dulu. “Kalau menurut orang tua dulu, air panas ini merupakan sambungan dari akar Gunung Ambang. Sempat menjadi pemandian warga sekitar, tapi sekarang sudah tidak, sehingga tempatnya kelihatan tidak terawat lagi,” cerita Herlina Mokoginta, Ketua RT 8, Desa Bilalang I, Senin  (15/10/2018).

Dia menuturkan, air panas itu diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan. “Biasanya orang tua yang sakit-sakitan datang mandi atau sekadar berendam. Apalagi bagi mereka yang mengalami penyakit kulit,” ujarnya.

Meski demikian, sejauh ini belum ada bukti ilmiah jika air panas ini merupakan saluran akar Gunung Ambang. “Belum tahu pasti juga. Belum ada juga yang meneliti. Ini cuma cerita orang tua dulu. Entah benar atau tidak kami tidak tahu pasti,” bebernya. (*)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top