Produksi Sampah Terus Meningkat Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Produksi sampah di Kotamobagu semakin meningkat. Penyebabnya akibat gaya hidup yang makin tinggi. Diperkirakan produksi sampah per orang mencapai 0,5 kilogram (kg) per hari di Kotamobagu.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah Masril Lapandengan menyebutkan, volume sampah yang dikoleksi hampir 200.000 jiwa warga Kotamobagu, mencapai 44 ton per hari. Menurunya, berkembangnya suatu kota bisa memicu peningkatan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. Sehingga menimbulkan volume sampah yang cukup tinggi. “Dari jumlah itu, diperkirakan rata-rata penduduk Kotamobagu memproduksi sampah mencapai 0,5 kilogram per hari,” katanya, Jumat (26/10/2018).

Dia mencontohkan gaya hidup masyarakat yang menyebabkan pembengkakan volume sampah, seperti aktivitas perbelanjaan di pertokoan atau di pasar. Masyarakat, katanya sudah makin pragmatis melakukan aktivitas seperti itu, yang akhirnya menimbulkan sampah berlebihan.

“Nah, dari situlah sumber-sumber sampah berasal. Misalnya, saat warga berbelanja di pasar, mereka kan supaya lebih simple bisa membawa tempat atau keranjang belanja dari rumah, sehingga tidak lagi membeli tas plastik yang kemudian menjadikan itu sebagai sampah, itulah yang disebut gaya hidup masyarakat semakin kesana semakin pragmatis,” terangnya.

Untuk menekan itu, pemerintah saat ini sedang dalam penyusunan Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada). Di mana kebijakan tersebut untuk mengurangi sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga. “Jadi ini masalah pengurangan sampah sebanyak 30 persen dan 70 persennya penanganan. Jadi bagaimana sampah dari 100 persen itu bisa berkurang 30 persen? Nah, caranya itu membudayakan masyarakat dengan mendaur ulang sampah yang masih bermanfaat dan bisa bernilai ekonomis. Itu program kita sampai dengan tahun 2025,” tutup Masril. (tr1/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top