Sepuluh Kelurahan Ditargetkan Bebas Kumuh Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Sepuluh Kelurahan Ditargetkan Bebas Kumuh Berita Kotamobagu

Sande Dodo.

KOTAMOBAGU– Sepuluh kelurahan/desa di Kotamobagu masih berstatus daerah kumuh. Berdasarkan data dari konsultan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), wilayah-wilayah yang masih berstatus kumuh tersebar di tiga kecamatan, masing- masing Kotamobagu Timur, Barat dan Selatan (lihat tabel).

Koordinator KOTAKU, Frangky Van Pamelan memaparkan, sekitar 36,07 hektare luas wilayah berstatus kumuh di Kotamobagu ini. Data tersebut kata dia, merupakan hasil indentifikasi Pemerintah Provinsi berkolaborasi dengan KOTAKU. Kelurahan/desa yang ditetapkan atau masih berstatus kumuh akan mendapatkan bantuan dari pusat.

“Ada delapan kelurahan/desa yang ditetapkan kumuh. Tapi perhitungan dari Pemerintah Kota Kotamobagu ada sepuluh. Sehingga itu dua kelurahan yakni Biga dan Motoboi Besar diupayakan dapat bantuan dari APBD saja,” papar Frangky, Selasa (20/12).

Frangky mengungkapkan, ada lima indikator sehingga suatu wilayah disebut kumuh. Di antaranya kondisi bangunan hunian, kondisi aksesibilitas lingkungan, kondisi drainase, kondisi pelayanan air minum, serta kondisi pengelolaan persampahan.

“Jadi tidak sembarangan pemerintah menetapkan wilayah kumuh,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kotamobagu, Sande Dodo menyatakan, pemerintah sangat konsen dalam mengentaskan kawasan kumuh di Kotamobagu. Sande berharap delapan kawasan yang ditetapkan Pemerintah Pusat plus dua kelurahan tambahan dari pemkot, akan berubah menjadi permukiman perkotaan yang layak huni produktif dan berkelanjutan paling lambat 2019 mendatang.

“Untuk mewujudkan program KOTAKU, diperlukan kolaborasi semua pihak mulai dari Pemerintah Pusat sampai dengan tingkat kelurahan/desa, pihak swasta, masyarakat dan pihak terkait lainnya. Delapan kawasan ditargetkan pada 2019 mendatang menjadi kawasan bebas kumuh atau 0%. Begitu juga dengan dua kelurahan, kita sesuaikan,” kata Sande.

Pemkot Kotamobagu kata Sande, terus berusaha meningkatkan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana infrastruktur dasar untuk meningkatkan akses perekonomian warga. “Sehingga jalur distribusi ekonomi bisa lebih lancar yang akhirnya berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat,” katanya. (rab)

Inilah Sepuluh Wilayah Kumuh di Kotamobagu:

1. Kelurahan Gogagoman

2. Kelurahan Mogolaing

3. Kelurahan Molinow

4. Kelurahan Kotamobagu

5. Kelurahan Kotobangon

6. Kelurahan Tumubui

7. Kelurahan Kobo Besar

8. Kelurahan Mongo ndow

Dua Kelurahan Tambahan

1. Kelurahan Biga

2. Kelurahan Motoboi Besar

Sumber: Dinas PU Kotamobagu

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top