.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Kotamobagu

Sosiru Masih Bersaing di Pasaran, Pengrajin Minta Perhatian Pemkot Kotamobagu

Sosiru Masih Bersaing di Pasaran, Pengrajin Minta Perhatian Pemkot Kotamobagu Berita Kotamobagu
Eni Mamonto, pengrajin sosiru di Kotamobagu. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Tak banyak lagi pengrajin tampah tradisional (Sosiru) di Kotamobagu. Kesulitan mendapatkan rotan sebagai salah satu bahan baku menjadi kendala.

Belum lagi beredaranya tampah berbahan plastik yang menjadi pesaing di pasaran.

Namun pengrajin yang masih bertahan membuat sosiru tak surut semangat. Mereka tetap menekuni dan menjadikan keahlian mereka sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Eni Mamonto (56), warga Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, salah satu yang terus merawat keahliannya dan setiap hari membuat sosiru.

Setiap hari dia membuat sosiru bermodalkan bambu dan rotan. Keahilannya didapat turun temurun. Bersama suaminya Sudi Rumoroy (63), dalam sebulan mereka mampu membuat 50 buah sosiru.

Sosiru ini kami jual di pasar tradisional 23 Maret dan Serasi,” ucap Eni ditemui di kediamannya, Rabu (10/10/2018).

Untuk membuat sosiru, Eni dan suaminya mengambil bahan baku bambu di kebun. Sedangkan rotan, kadang harus membeli karena sudah jarang ditemui di hutan di desanya.

“Untuk hasil yang bagus, supaya tahan kuat dan tahan lama, harus pakai rotan yang bagus. Kebanyakan sudah harus beli,” katanya.

Satu sosiru hasil kerajinan tangannya, Eni menjual Rp20- 35 ribu.

“Ukurannya macam-macam, untuk yang 1 kilogram beras hingga yang 3 kilogram,” katanya.

Eni dan pengrajin sosiru lainnya berharap produk lokal tidak tenggelam dengan makin banyaknya tampah plastik di pasaran.

“Kalau dibilang bersaing, tetap bersaing karena banyak masyarakat lebih suka dengan sosiru. Tapi kami juga berharap Pemerintah Kotamobagu memperhatikan juga keadaan kami, termasuk akses untuk mendapatkan modal usaha,” pungkasnya. (*/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top