Tambah Objek Wisata, Bobakidan Jadi Museum Berita Kotamobagu
Gedung Bobakidan. (dok)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Gedung Bobakidan di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur,  akan dijadikan sebagai museum sejarah suku Mongondow.

Nantinya, di situ akan ada semua benda peninggalan maupun jejak sejarah Bolaang Mongondow Raya.

Rencana menjadikan Bobakidan sebagai museum kini sedang dimatangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu.

Dengan adanya museum sejarah di Kotamobagu, ini kita akan dapat melestarikan benda, serta menjaga semua peninggalan bersejarah yang ada di Bolaang Mongondow Raya,” ujar Kepala Disparbud Kotamobagu, Agung Adati, Selasa (27/8/2019).

”Regulasinya kita siapkan agar gedung Bobakidan bisa jadi museum untuk menyimpan seluruh barang atau benda yang punya nilai sejarah di Bolaang Mongondow Raya (BMR), khususnya Kotamobagu,” beber Adati.

Menurut Adati, selain untuk melestarikan nilai sejarah Mongondow, ini akan menjadi daya tarik wisatawan datang ke daerah,

”Gedung museum ini nantinya bisa jadi potensi wisata yang aman mendatangkan daya tarik wisatawan baik daerah maupun luar daerah. Dan tidak menutup kemungkinan dari manca negara untuk melihat langsung benda benda sejarah yang akan dipamerkan di museum,” ungkapnya.

“Rencananya kita mulai tahun 2021 mendatang,” pungkasnya. (mg1/bto)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top