Tatong Buka Kegiatan Penukaran Uang Rupiah Baru
Berita Daerah

Tatong Buka Kegiatan Penukaran Uang Rupiah Baru

Tatong Buka Kegiatan Penukaran Uang Rupiah Baru Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Tatong Buka Kegiatan Penukaran Uang Rupiah Baru Berita Daerah Berita Kotamobagu

Pembukaan penukaran uang rupiah baru, ditandai dengan gunting pita oleh Walikota Tayong Bara, didampingi Anggota DPR RI, Aditya Anugerah Moha

KOTAMOBAGU–Sepekan menjelang lebaran Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) bersama perbankan di Kotamobagu mulai melayani penukaran uang rupiah baru, di lapangan Boki Hotinimbang, Senin (19/6).

Penukaran uang baru tersebut dibuka langsung oleh Walikota Kotamobagu Tatong Bara, dan dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi XI, Aditya Anugerah Moha, Kepala perwakilan BI Sulut, Seluruh pimpinan Bank se-Kotamobagu, serta warga Kotamobagu.

“Melalui proses penukaran uang ini, diharapkan akan lebih mendorong gairah perekonomian di Kota Kotamobagu, termasuk perputaran uang. Harapan pemerintah, ekonomi di Kotamobagu akan terus meningkat. Terlebih dengan hadirnya sejumlah Bank yang ada di Kotamobagu,” kata Tatong

Terpisah, Kepala BI Sulut, Soekowardojo mengatakan, penukaran tersebut selain bertujuan untuk mempermudah bagi masyarakat, hal ini juga untuk menggairahkan ekonomi, khususnya di hari Idul Fitri 1438. Sementara kebutuhan uang tunai diproyeksikan sebesar Rp1,97 Triliun untuk tingkat Provinsi Sulut sebesar Rp1,47 Triliun.

“Kami perkirakan kebutuhan akan uang tunai untuk lebaran mengalami peningkatan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan Lebaran tahun 2016 hanya Rp1,46 triliun. Bahkan kami proyeksikan butuh uang tunai didominasi oleh uang pecahan besar dengan Rp20 ribu ke atas,” jelas Soekowardojo.

Pecahan uang rupiah baru yang disipakan pada penukaran tersebut, mulai Rp1000 hingga Rp100.000. diperkirakan akan mencapai sekitar 93 persen, dari total outflow, sedangkan sisa tujuh persen adalah pecahan kecil. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top