Berita Daerah

Tatong Dorong Peningkatan Kualitas Sapu Ijuk Desa Sia’

Tatong Dorong Peningkatan Kualitas Sapu Ijuk Desa Sia’ Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Tatong Dorong Peningkatan Kualitas Sapu Ijuk Desa Sia’ Berita Daerah Berita Kotamobagu

Pengrajin Sapu Ijuk

KOTAMOBAGU– Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Utara, dijadikan sebagai sentra pengembangan sapu ijuk dan sapu serabut kelapa. Untuk menopang pengembangannya, Pemkot Kotamobagu telah menyerahkan mesin pencacah sabut kelapa dan ijuk kepada dua kelompok pengrajin sapu di desa tersebut.

Selain itu, melalui instansi teknis, para pengrajin sapu diberi pelatihan terkait tata cara pembuatan sapu sesuai standar.

“Sapu ijuk maupun yang terbuat dari serabut kelapa buatan pengrajin di Desa Sia’ tak hanya dipasarkan di wilayah Bolmong Raya, tapi juga ke sejumlah daerah di Sulawesi Utara. Ada dua kelompok pengrajin sapu di sini. Setiap kelompok 10 orang,” kata Sangadi Desa Sia’, Herto Balansa, Kamis (11/1/2018).

Herto mengakui, bantuan mesin pencacah serabut kelapan dan ijuk yang diberikan Pemkot beberapa waktu lalu, sangat memudahkan para pengrajin terutama dalam meningkatkan produktifitas maupun kualitas sapu.

“Potensi ijuk di sini sangat menjanjikan. Para pengrajin tak kesulitan mendapatkan bahan baku untuk dijadikan sapu. Dengan adanya bantuan mesin itu, sangat membantu para pengrajin. Produksinya meningkat dari sebelumnya yang hanya dilakukan secara manual,” sebutnya.

Walikota Tatong Bara, mendorong para pengrajin sapu untuk terus meningkatkan kualitas hasil usahanya.

“Ini harus dijaga dan dikembangkan. Kualitasnya harus terus ditingkatkan agar pemasarannya bisa meluas hingga ke daerah lain,” kata Tatong di hadapan pemerintah dan masyarakat Desa Sia’.

Tatong berharap, dengan adanya potensi industri, bisa menopang kebutuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Perlu dibuatkan tempat produksinya, kemudian kualitasnya harus terus dijaga dan diperbaiki. Sebab ini merupakan industri lokal yang sangat potensial dan wajib kita dukung pengembangannya ,” ujar Tatong. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top