.
Wow! Imran Amon Ingin Kotamobagu Seperti Musdalifah Berita Kotamobagu
Masjid Raya Baitul Makmur sebagai landmark Kotamobagu. (ist)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) sudah membuat program untuk mengubah wajah Kotamobagu jadi lebih menarik.

Salah satunya, kata Kepala Dinas PRKP Imran Amon, seluruh jalan inti di pusat kota akan dipasangi lampu. Termasuk lampu hias untuk menambah keiindahan pancaran cahaya di malam hari.

Ide ini, kata Imran, terinspirasi dari kota Muzdalifah yang terletak di antara Kota Makkah dan Minah, Saudi Arabia. Kota itu terkenal dengan penerangan jalan yang super hebat di malam hari.

“Kita akan buat seperti Musdalifah. Perubahan wajah Kotamobagu ini tentunya akan kita lakukan dengan sarana dan prasarana terbaik. Insya Allah mulai tahun ini Kotamobagu akan terang benderang,” ungkapnya kepada Kronik Totabuan, Rabu (29/5/2019).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Imran mengaku telah melakukan efisiensi anggaran dalam hal pembayaran listrik ke PLN dengan meteran listirk dari pascabayar ke prabayar.

Itu dilakukan agar supaya sisa anggaran dalam pembayaran listrik bisa berpindah untuk perbaikan dan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kotamobagu.

“Sekarang kita sudah turunkan dari 890.000 PA menjadi 97.000 PA. Untuk pembayaran yang biasanya Rp480 juta tinggal menjadi Rp63 juta saja perbulan,”  kata Imran.

Ia menambahkan, jika pelelangan telah dilakukan maka jaringan akan dipindahkan secara menyeluruh ke prabayar dan otomatis kontrak daya akan dimulai kembali dari nol. Selain itu hal ini tentu menghemat anggaran setiap tahunnya yang sebelumnya Rp6 miliar tinggal menjadi Rp1,5 milliar.

“Itu untuk satu tahun anggaran pengisian token dan sudah tertata di RKA. Nah kalau begini dengan efisiensi ini, kita dapat menyimpan anggaran sebesar Rp4,5 miliar dalam setahun dan bisa dipindahkan untuk anggaran lain misalnya untuk prasarana air minum dan masih banyak pilihan lain,”pungkasnya. (sav)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top