Berita Nasional

5 Daerah Ini Ladang Kemenangan PDI Perjuangan

5 Daerah Ini Ladang Kemenangan PDI Perjuangan Berita Nasional
Kroniktotabuan.com

JAKARTA- PDI Perjuangan menjadi partai pemenang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. PDI Perjuangan sukses meraih 27.053.961 suara atau 19,33 persen.

Di beberapa daerah, Partai Banteng juga berhasil menorehkan kemenangan mutlak. Ada 5 daerah dimana PDI Perjuangan berhasil meraih lebih dari 50 persen kursi di DPRD.

Berikut 5 daerah tersebut.

1.) Solo

Di Solo, Jawa Tengah, PDI Perjuangan sukses mendominasi perolehan kursi dengan mendapat 30 kursi. Sedangkan jumlah kursi DPRD Solo secara keseluruhan berjumlah 45 kursi. Sisa kursi di DPRD Solo diduduki oleh PKS 6 kursi, PAN, Golkar dan Gerindra yang sama-sama memperoleh 3 kursi, serta partai pendatang baru PSI yang meraih 1 kursi.

2.) Bali

PDI Perjuangan pun menguasai kursi DPRD Bali. Di Pulau Dewata, PDI Perjuangan mendapat 33 kursi dari total 55 kursi DPRD Bali. Sementara itu Partai Golkar mendapatkan 8 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, Demokrat 4 kursi, Nasdem 2 kursi, PSI 1 kursi, dan Hanura 1 kursi.

3.) Boyolali

Ladang kemenangan PDI Perjuangan lainnya adalah Boyolali. PDI Perjuangan memperoleh 35 kursi DPRD pada periode 2019-2024. Sedangkan kursi DPRD Boyolali sebanyak 45 kursi.

Kemudian Partai Golkar diurutan kedua, dengan 4 kursi. Disusul oleh PKS 3 kursi, Gerindra 1 kursi, PKB 2 kursi. Nasib tragis harus dialami PAN dan Demokrat yang tidak mendapat kursi pada periode ini.

4.) Wonogiri

Di Wonogiri, PDI Perjuangan berhasil mendapat 28 kursi DPRD di Wonogiri, dari 50 kursi yang diperebutkan. Sedangkan partai-partai lain berada di bawah PDI Perjuangan.

Partai Golkar mendapat 8 kursi, Partai Gerindra dan PKS masing-masing empat kursi, serta PKB dan PAN masing-masing tiga kursi.

5.) Asmat 

PDI Perjuangan memperoleh kursi DPRD terbanyak di Asmat. PDI Perjuangan mendapat 12 kursi dari 25 kursi yang diperebutkan. Sementara itu, Gerindra, PAN dan Demokrat masing-masing memperoleh 2 kursi. Sedangkan PKB, PKS dan PSI masing-masing memperoleh 1 kursi.

Sumber: gesuri.id

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top