Berita Nasional

Buka IISMEX, Wapres Imbau Kepala Daerah Kurangi Perjalanan Dinas. Kepala Daerah di BMR Bisa?

Buka IISMEX, Wapres Imbau Kepala Daerah Kurangi Perjalanan Dinas. Kepala Daerah di BMR Bisa? Berita Nasional
Wapres RI Jusuf Kalla membuka IISMEX 2019. (f: google)
Kroniktotabuan.com

JAKARTA– Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau agar gubernur, wali kota, maupun bupati agar tak sering melakukan perjalanan dinas karena negara sedang defisit.

Dilansir dari kompas.com hal itu diungkapkan JK saat menghadiri Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) Jakarta 2019, yang dihadiri pejabat dan kepala daerah, di JCC Jakarta, Rabu (17/7/2019) kemarin.

Baca juga: Hadiri IISMEX 2019, Walikota Tatong Bara Komitmen Wujudkan Smart City

“Memang bulan-bulan akhir ini terlalu banyak upacara, kegiatan. Minta maaf mengganggu saudara bupati, gubernur. Jadi sudah saya minta seperti dikatakan Mendagri, nanti digabung-gabung (acaranya).”

“Jadi satu kali datang, lima acara sekaligus. Supaya biaya perjalanan bisa dihemat. Negara sekarang banyak defisitnya,” ujar JK.

“Nanti berjejer acaranya. Satu kali acara kegiatan lima – enam acaranya. Jadi gampang sekali beres. Tidak banyak biaya perjalanan, biaya acara-acara,” ungkap dia.

Imbauan Wapres agar kepala daerah mengurangi perjalanan dinas, semestinya ditaati para kepala daerah yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Para kepala daerah dinilai jarang berada di daerah dan banyak ke luar meski tidak ada kegiatan atau acara penting yang harus dihadiri.

“Karena memang untuk membiayai perjalanan dinas kepala daerah itu sangat besar. Untuk sekali perjalanan dinas bisa Rp20-30 juta,” kata Rhyana, mahasiswi pascasarjana Universitas Indonesia (UI) asal Kotamobagu.

“Bisa dibayangkan kalau anggaran perjalanan dinas kepala daerah setiap tahun yang angkanya mencapai miliaran rupiah itu, diminimalisasi dan dialihkan untuk kepentingan publik. Saya kira akan lebih bermanfaat di tengah defisit anggaran yang sedang terjadi seperti sekarang,” katanya. (kmp/zha)

Sumber: kompas.com

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top