Berita Nasional

Cermin Kesetaraan Gender, Ketua DPR Peroleh Inspiring Woman 2020

Cermin Kesetaraan Gender, Ketua DPR Peroleh Inspiring Woman 2020 Berita Nasional
foto (istimewa)
Kroniktotabuan.com

JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani meraih sosok inspiratif. Ia dinilai menjadi perwakilan semangat kesetaraan gender di dunia perpolitikan versi Teropong Senayan. Selain itu, Puan dinilai selalu ikut mewarnai panggung politik nasional dan mempunyai pencapaian dalam karir politiknya.

Penghargaan itu diterima oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah lantaran Puan berhalangan hadir. Pemimpin Umum Teropong Senayan Rihad Wiranto mengatakan Puan memenuhi tiga kriteria tersebut.

“Dewan juri dipagari oleh 10 kategori penilaian, mereka tak bisa main-main dalam memilih,” kata Rihad dalam keterangannya, Selasa (17/3).

Sementara itu, Hendri Satrio, salah satu dewan juri menambahkan jejak rekam Puan yang menjadi pertimbangan pihaknya dalam menentukan pilihan. Untuk diketahui Puan tak hanya DPP PDI Perjuangan selama tiga periode dan pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja 2014–2019, tapi juga menjadi Ketua DPR perempuan pertama sepanjang sejarah Republik Indonesia.

Di samping itu cucu Bung Karno yang lahir di Jakarta, 6 September 1973, itu dikenal sebagai politikus ulung yang pernah menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI untuk periode 2012-2014. Di DPR RI, Puan pernah bertugas di Komisi VI yang mengawasi BUMN, perdagangan, koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta anggota badan kelengkapan dewan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

Jika untuk kategori Inspiring Woman hanya Puan yang berhak menerima award ini, untuk kategori Inspiring Journey ada enam anggota dewan yang menerimanya, antara lain Ahmad Basarah dan Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, anggota DPD RI 2019—2024 Dapil DKI Jakarta. Selebihnya, sejumlah anggota dewan diundang untuk menerima award dengan 10 kategori, masing-masing kategori Star of Parliament, kategori Smart and Inspiring Milenial, kategori Making News Person, kategori Inspiring Woman, kategori Parliament of The Year, kategori Tokoh Peduli Daerah, kategori Tokoh Reformasi Parlemen, kategori Fraksi Teraspiratif, kategori Fraksi Inspiratif, dan terakhir kategori Inspiring Journey. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, semalam terpilih sebagai penerima award kategori ‘Parliament of The Year’. (*)

Baca Juga :  Tuntut Sahaya Diganti, Puluhan Satpol PP Kotamobagu Demo di DPRD

Sumber : merdeka.com

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top