Berita Nasional

Cuaca Ekstrim, Flu Menyerang? Begini Mengatasinya

Cuaca Ekstrim, Flu Menyerang? Begini Mengatasinya Berita Nasional
Kroniktotabuan.com
Cuaca Ekstrim, Flu Menyerang? Begini Mengatasinya Berita Nasional

Ilustrasi

JAKARTA– Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan  sejumlah wilayah di Jabodetabek pada akhir pekan ini bakal diguyur gerimis. Sebaiknya Anda mulai bersiap menjaga daya tahan tubuh.

Tapi, jika  memang tak terhindarkan, Anda sudah terlanjur kena flu dan pilek, misalnya,  dokter keluarga dari Klinik Puri Mutiara Dr M Saptadji, memberikan beberapa tips sebagai berikut.

1. Tetap terhidrasi (cukup cairan)
Mempertahankan hidrasi yang baik adalah penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan menjaga hidung tetap lembab. Minum banyak cairan, katanya.  Sup ayam juga merupakan cara yang bagus untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan memberikan elektrolit.

2. Mandi air hangat
Dalam kondisi flu, cobalah dulu mandi air hangat dengan menempatkan kepala Anda di bawah pancuran air hangat. Anda akan menghirup uap yang akan cepat melembabkan bagian hidung Anda.

3. Karbohidrat.
Konsumsi karbohidrat yang sehat, yang menyediakan energy bagi tubuh,  Seperti bijian alami, roti dan pasta adalah cara yang baik untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karbohidrat juga bekerja dengan baik untuk menjaga kita secara internal hangat dan membantu mencegah tubuh dari flu.

4. Olahraga teratur.
Beberapa latihan seperti, berjalan-jalan, juga akan memberikan badan Anda dorongan meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Tapi, jangan memaksakan diri , karena badan Anda dapat mengatur pemulihan kembali. Berjalan-jalan dalam kondisi lembab merupakan bonus tambahan untuk membantu melembabkan hidung Anda.

5. Antihistamin.
Antihistamin dan obat batuk kadang diberikan oleh dokter , untuk mengurangi gejala flu , dengan melegakan saluran hidung, mengurangi sekresi , ingus mengering. Ini bekerja awalnya untuk hidung tersumbat.

6. Atur porsi kafein,  makanan asin, pedas dan manis
Kafein (kopi, cokelat) adalah obat perangsang physcoactive . Karena penting dalam mengobati flu untuk tetap terhidrasi, Makan yang asin, manis dan pedas juga bekerja untuk mempercepat meningkatkan sistem imun tubuh. Hanya saja porsinya jangan berlebihan karena malah justru akan membuat Anda dehidrasi.

7. Tetap Hangat.
Menjaga tubuh tetap hangat, dan terutama menjaga tubuh dari udara dingin, penting untuk menangkis pilek. Keadaan tubuh dingin menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kemampuannya untuk melawan pilek.

8. Vitamin C dan Zinc.
Sudah terbukti Vitamin C dan Zinc membantu meningkatkan sistem imun dan membantu melawan pilek. Zinc diberikan dalam waktu 24 jam dari timbulnya gejala mengurangi durasi dan keparahan pilek biasa pada orang sehat. Ketika Zinc ada dalam diet untuk setidaknya lima bulan, mengurangi insiden flu.

9. Istirahat
Istirahat dan tidur yang baik akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Jam istirahata ditambah jika cuaca sudah terasa tidak menentu alias ekstrim.

 

Sumber: Tempo.co

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top