.
Berita Nasional

Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM

Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM Berita Nasional
Kroniktotabuan.com
Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM Berita Nasional

Ignasius Jonan- Archandra Tahar

JAKARTA – Pengangkatan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendampingi Ignasius Jonan selaku Menteri ESDM dinilai berpotensi memunculkan matahari kembar di internal kementerian tersebut. Apalagi, ada  kecenderungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan tenaga Arcandra Tahar untuk mengurus sektor ESDM.

Direktur Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, kecenderungan itu tampak saat Arcandra Tahar sempat diangkat menjadi Menteri ESDM. Namun terkendala akibat persoalan status kewarganegaraan ganda.

“Kalau Arcandra merasa lebih dibutuhkan, (Arcandra) bisa saja punya gagasan bahwa dia memiliki posisi tawar lebih tinggi daripada menteri,” ujar Fabby dalam sebuah acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).

Kondisi ini, kata dia Arcandra Tahar bisa merasa lebih dibutuhkan oleh Jokowi. Akibatnya, Arcandra Tahar bisa saja mengambil keputusan di luar batas kewenangannya.

“Kita khawatir kalau Wamen merasa sebagai menteri, bisa buat keputusan dan akses langsung kepada presiden. Ini kemudian menciptakan matahari kembar dalam hal ini Pak Jonan tidak akan efektif kerjanya,” ucapnya.

Maka itu dirinya mengimbau kepada Menteri ESDM agar memberikan batas-batas tugas dan wewenang yang melekat kepada Arcandra Tahar.

Sementara itu, Fabby juga berharap presiden bisa konsisten pada pilihannya dengan menunjuk Jonan sebagai pembantu di Kabinet Kerja. “Pak Jokowi harus konsisten dengan pilihannya. Tidak lebih senang bicara dengan Arcandra Tahar ketimbang Jonan,” katanya. (sdo/zha)

Sumber: sindonews.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top