Menpan-RB Ungkap Tak Ada Penerimaan CPNS 2020 Berita Nasional
Kroniktotabuan.com

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menuturkan, seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak digelar tahun ini. Seleksi CPNS berpeluang dibuka kembali pada 2021 mendatang.

“Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan,” ujar Tjahjo dalam keterangan rilis di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Hal yang sama, lanjut Tjahjo, juga berlaku bagi sekolah kedinasan, kecuali Sekolah Tinggi Inteligen Negara. Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, alasan peniadaan CPNS 2020 yakni karena rangkaian seleksi CPNS 2019-2020 baru saja selesai.

Tahun ini pemerintah masih menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19. Para calon PNS yang telah terseleksi belum semuanya dilantik karena ujian wawancara dan lain-lain ditunda akibat pandemi Covid-19. Tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) juga dikabarkan baru akan digelar Agustus hingga Oktober mendatang.

“Maka, alokasi CPNS 2020 dialihkan untuk 2021,” ujar Tjahjo Kumolo.

Rekrutmen ASN untuk tahun 2021 tetap akan dilaksanakan. Saat ini Kementerian PANRB sedang melakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah. Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19.(*)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top