Berita Nasional

Nilai Ekonomi Stabil, ADM: Dukung dan Awasi Kinerja Pemerintah

Nilai Ekonomi Stabil, ADM: Dukung dan Awasi Kinerja Pemerintah Berita Nasional
Kroniktotabuan.com
Nilai Ekonomi Stabil, ADM: Dukung dan Awasi Kinerja Pemerintah Berita Nasional

Aditya Didi Moha

KOTAMOBAGU– Pimpinan kelompok fraksi/poksi Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), menggelar rapat khusus lanjutan agenda penting soal kerakyatan, kebangsaan dan kenegaraan, dengan pembahasan serta indikator: Asumsi Dasar Ekonomi Makro dan Proyeksi 2018, Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018, Selasa (13/6).

Anggota Komisi XI DPR RI, dapil Sulut, Aditya Didi Moha (ADM) mengatakan, pada rapat tersebut, 8 poin penting mengenai nilai ekonomi dan pembangunan, berhasil dibahas yang akan menjadi target pemerintah kedepan.

“Indeks pembangunan manusia yang semakin tinggi dan merata, menjadikan Bangsa yang unggul melalui sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif, siap bersaing, terampil, skill yang baik, serta memiliki karakter ke-Indonesiaan yang teruji,” ujar ADM

Ia menjelaskan, tingkat pengangguran yang semakin menurun dengan memperluas serta membuka lapangan kerja yang semakin banyak dan memadai, serta tingkat kemiskinan menurun, tidak lepas dari peran masyarakat.

“Mari kita tetap memberi support dan sekaligus mengawasi kinerja pemerintah secara berjenjang. Agar capaian pembangunan dan target ekonomi kita semakin stabil, tercapai serta bisa terealisasi dgn baik, agar mampu melahirkan manusia yg mumpuni, tingkat kesenjangan/gini rasio yang tidak terlalu lebar, sehingga tidak menciptakan jurang besar antara si kaya dan si miskin,” jelasnya.

ADM berharap, tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh masyarakat bagi pemerintah, khususnya Komisi XI DPR RI, bisa terealaisasi dengan baik.

“Semoga asumsi makro yang kami tetapkan, akan membawa dampak sosial kemasyarakatan , pembangunan, serta menjaga stabilitas ekonomi dan capaian target pemerintah yang lebih baik,” ujarnya. (Rez)

 

Berikut rancangan kesimpulan/keputusan, Komisi XI DPR RI, Pemerintah dan Bank Indonesia, menyepakati besaran asumsi makro ekonomi dan target pembangunan dalam pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun 2018.

 

Indikator Ekonomi Makro

1. Pertumbuhan Ekonomi (% yoy)

Besaran 5,2 – 5,6

2 Inflasi (% yoy)

Besaran 2,5 – 4,5

3. Nilai tukar rupiah

Besaran 13.300 – 13.400

4. Suku Bunga SPN 3 Bulan (% yoy)

Besaran 4,8 – 5,6

 

Target Pambangunan

1. Tingkat Pengangguran (%)

Besaran 5,0 – 5,3

2. Tingkat Kemiskinan (%)

Besaran 9,5 – 10

3. Gini Ratio (Indeks)

Besaran 0,38

4. IPM (Indeks)

Besaran 71,5

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top