.
Berita Nasional

Prabowo Bilang Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia. Faktanya?

Prabowo Bilang Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia. Faktanya? Berita Nasional
Prabowo- Sandi
Kroniktotabuan.com

JAKARTA– Salah satu yang menarik perhatian publik dari debat Capres dan Cawapres, Kamis (17/1/2018), di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, adalah pernyataan Capres Prabowo Subianto yang menyebut Jawa Tengah lebih luas dari Malaysia.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat menyinggung soal gaji gubernur Rp8 juta yang dianggapnya tidak realistis. Padahal, kata Prabowo, daerah yang dipimpin tidaklah sempit.

Dia kemudian mencontohkan Gubernur Jawa Tengah yang disebut wilayahnya lebih luas dari Malaysia.

“Kemudian dia mengelola provinsi, umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar, ini hal-hal yang tidak realistis,” kata Prabowo dalam debat dikutip dari detikcom.

Pernyataan Prabowo itu kemudian ramai-ramai diperbincangkan karena dianggap janggal dan tidak sesuaio fakta.

Masih dikutip dari detikcom, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik  (BPS) yang dikutip, luas Jawa Tengah saat pengukuran tahun 2017 adalah 32.544,12 km persegi. Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 29 Kabupaten dan 6 Kota.

Sementara itu, luas negara Malaysia mengutip website BPS Malaysia hingga tahun 2016 adalah 330.345 km persegi. Artinya, luas Malaysia hampir 10 kali luas Jawa Tengah. (dtc/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top