Berita Nasional

Sekjen PDI Perjuangan Usulkan Jaksa Agung Diisi Jaksa Karir

Sekjen PDI Perjuangan Usulkan Jaksa Agung Diisi Jaksa Karir Berita Nasional Berita Politik
Hasto Kristiyanto
Kroniktotabuan.com

JAKARTA– Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto nampaknya menolak apabila posisi Jaksa Agung berasal dari kalangan partai politik. Dia mengusulkan agar posisi itu diisi oleh internal Kejaksaan Agung.

“Kalau kita mendorong stabilitas sebuah sistem termasuk di dalam kementerian yang dulu disebut dengan departemen manakala kita juga memberikan ruang bagi kader-kader dari internal lembaga kementerian negara tersebut untuk mendapatkan ruang jabatan yang tertinggi,” ungkap Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini. 

Hasto juga mendukung aspirasi masyarakat yang menginginkan posisi Jaksa Agung tidak diisi oleh kader partai politik,melainkan dari kalangan yang lebih netral.

“Berbagai aspirasi yang diberikan oleh publik bahwa Jaksa Agung dipimpin oleh internal yang tumbuh dan punya dedikasi dalam membangun seluruh sistem dan komitmen seluruh elemen dari aparat dari jaksa agung untuk dapat menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya itu juga ditangkap oleh PDI Perjuangan dan kami memberikan dukungan terhadap aspirasi itu,” paparnya.

Pada prinsipnya, kata Hasto, hukum harus ditegakkan dengan cara berkeadilan. Di mana esensinya adalah keadilan langsung bertanggungjawab kepada aspek kemanusiaan sesuai dengan tata tertib hukum.

Menurutnya, hukum tidak boleh dilanggar apalagi jika itu hanya untuk melegalkan kepentingan politik tertentu.

“Di sini diperlukan kedewasaan, di sini diperlukan sebuah tanggung jawab integritas dari aparat penegak hukum itu yang dilakukan PDI Perjuangan,” katanya.

“Karena itulah mari agar seluruh upaya di dalam penempatan jabatan strategis terhadap mereka-mereka yang punya tanggung jawab di dalam menegakkan hukum yang berkeadilan itu betul-betul dapat menjalankan tugasnya dengan baik tanpa intervensi politik kekuasaan dari pihak tertentu karena kami percaya dari pengalaman PDI Perjuangan kekuasaan tidak bisa dibangun di jalan pintas dengan menggunakan instrumen hukum tidak bisa,” paparnya.

Sebagai informasi, posisi Jaksa Agung kini diisi oleh M. Prasetyo yang diketahui sebagai kader Nasdem.

Sumber: gesuri.id

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top