Opini

Bolmong Hebat Ditangan Yasti – Yanny

Bolmong Hebat Ditangan Yasti - Yanny Opini
Kroniktotabuan.com
Bolmong Hebat Ditangan Yasti - Yanny Opini

Abdul Bahri Kobandaha

RUBRIK– Setelah resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow periode 2017-2022, oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk STh MM, dipastikan dapat memajukan daerah dari berbagai sisi. Terutama akan sukses dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Apalagi, Bolmong adalah daerah yang sangat potensial dikembangkan karena memiliki Pelabuhan Labuan Uki dan program pembangunan Bandar Udara yang sedang dalam tahap proses perencanaan. Inilah yang dapat membuat perekonomian Bolmong menjadi hebat ditangan Yasti dan Yanny.

Berbekal dengan kemampuan jaringan luas di Pusat karena pernah menjadi Anggota DPR RI dan menjabat Ketua Komisi V, Bupati Yasti akan mampu menempatkan Bolmong sebagai daerah yang selalu ada dalam daftar prioritas untuk pengembangan infrastruktur dan suprastruktur demi laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Selain itu, untuk DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus) dipastikan akan mengalami kenaikan signifikan untuk Bolmong selama kepemimpinan mereka.

Diperkuat dengan posisi Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM sebagai Ketua DPC PDIP Bolmong, maka konsep pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat akan berjalan sesuai dengan harapan. Kita ketahui bersama bahwa PDIP adalah partai yang kini menguasai pemerintahan Republik Ini. Artinya, kesempatan untuk membangun Bolmong Hebat menjadi lebih mudah dan terukur. Untuk skala Provinsi Sulawesi Utara, PDIP sedang berkibar, dipimpin oleh seorang Gubernur dan Wakil Gubernur yang merupakan kader PDIP yang memiliki visi dan misi membangun.

Jika berbicra tentang Pelabuhan Labuan Uki, dipastikan ini akan menjadi pintu gerbang arus barang dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan antar Negara. Dengan adanya Pelabuhan Labuan Uki sebagai pintu masuk arus barang, akan memberi dampak untuk kemajuan daerah dalam pengembangan semua sektor, yang secara umum dapat memberikan manfaat untuk kehidupan rakyat, terutama yang berada di Pantau Utara Bolmong. Sebagaian besar masyarakat disana menggangungkan kehidupan pada laut.

Baca Juga :  Dunia Tetap Akan Berputar Meski Anda Bukan Porosnya

Tak hanya itu, arus barang keluar dan masuk Pelabuhan, dipastikan dapat ditingkatkan setiap tahunnya karena pelabuhan Labuan Uki menjadi barometer kemajuan perekonomian dan Industri Bolmong. Kontainer pun sudah harus masuk sejalan dengan adanya pengembangan pelabuhan ini. Itu konsep membangun Bolmong Hebat yang menurut saya sangat tepat.

Sementara itu, kehadiran Bandar Udara juga akan sangat menentukan arah kemajuan perekonomian daerah. Sesuai dengan amanat yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 2009, tentang Penerbangan, disitu telah nyata disebutkan bahwa, bandar udara merupakan salah satu simpul jaringan transportasi sekaligus pintu gerbang kegiatan perekonomian suatu daerah, pendorong serta penunjang kegiatan industri serta sektor perdagangan.

Potensi lainya yang mampu mendongkrak perekonomian adalah pertanian dan perkebunan, pertambangan, perikanan, kelautan, budidaya, serta kehutanan yang ditopang juga dengan objek wisata pantai lolan, tanjung ompu, pantai bungin, air panas bakan, pulau tiga maelang dan air terjun mengkang.

Perjalanan pemerintahan Yasti – Yanny selama 60 bulan kedepan, dipastikan berjalan dengan baik. Secara politik, kepemimpinan Yasti – Yanny tidak akan mengalami hambatan karena 17 dari 30 kursi di DPRD (Dewa Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bolaang Mongondow, adalah barisan Bolmong Hebat. Mereka ada di partai PDIP, PAN, PKB PKS dan Nasdem.

Yasti – Yanny bertekad menciptakan pemerintahan yang berwibawa, berdaya saing dibidang ekonomi, pertanian, perikanan, perkebunan, pendidikan dan kesehatan. Selain itu mendukung peningkatan infrastruktur teknis, penguatan budaya serta stabilitas ketertiban dan keamanan masyarakat.

Potensi lainya, Bolmong merupakan lumbung beras di Sulut. Selain pertanian yang menjadi komoditas andalan, potensi pertambangan, perikanan dan kelautan, perkebunan dan kehutanan serta potensi daerah lainnya tak bisa diabaikan karena dapat menjadi kunci utama dalam perjalanan sukses pembangunan.

Baca Juga :  Berpolitik Itu Persoalan Hati

Ini tentunya butuh tangan pemimpin yang terampil seperti Yasti dan Yanny. Mereka juga cekatan untuk mengelolah potensi daerah yang ada. Dari segi perencanaan penganggaran, keduanya adalah mantan anggota legislatif. Jadi soal penganggaran, pasti akan sangat berpihak pada kepentingan rakyat Bolmong di 15 Kecamatan, 200 Desa dan 2 Kelurahan.

Enam program skala prioritas yang akan ditawarkan keduanya, seperti pemerintahan yang bersih dan tatalaksana, berdaya saing dibidang ekonomi, berdaya saing dibidang pertanian, perikanan dan perkebunan, berdaya saing dibidang infrastruktur, berdaya saing dibidang pendidikan, serta berdaya saing dibidang kesehatan, sangat tepat untuk Bolmong. Apalagi ada program sekolah gratis dan bantuan untuk petani dan nelayan.

Yasti dan Yanny akan melakukan pembinaan karir ASN (Aparatur Sipil Negara) dengan merit system, optimalisasi penerapan e-Goverment (e-planning, e-Budgeting, e-procurement, e-monev, dan e-data base), peningkatan dan percepatan layanan publik serta pembangunan sarana dan prasarana pelayanan publik. Dan peningkatan kesejahteraan ASN.

Saya masih ingat betul, visi dan misi pasangan ini menargetkan program berdaya saing dibidang ekonomi, diantaranya peningkatan kapasitas usaha bagi pengusaha kecil menengah, pengembangan dan peningkatan pasar tradisional, program stabilisasi harga komoditi pertanian dan perkebunan, peningkatan promosi dan kerjasama investasi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan, program peningkatan sarana dan prasarana jalan akses ekonomi, pengembangan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang profesional. Ini tentunya dapat dengan mudah diwujudkan karena menjadi skala prioritas untuk Bolmong selama lima tahun kedepan. Yasti juga berpengalaman serta sangat paham betul dengan pengelolaan keuangan dan manajemen perkantoran karena sebelum terjun ke gelanggang politik, dia adalah seorang pengusaha sukses.

Banyak hal bermanfaat yang akan dilakukan keduanya, program percetakan sawah baru dan peningkatan sarana dan prasarana irigasi serta pengairan, peningkatan produksi pertanian melalui bantuan bibit yang berkualitas, peningkatan alat tangkap dan teknologi perikanan untuk nelayan agar sejalan dengan konsep berdaya saing dibidang infrastruktur. Penataan Ibu Kota Kabupaten serta pemukiman pedesaan, peningkatan infrastruktur jalan, perumahan/pemukiman, pariwisata kemudian sarana publik lainya, juga akan terjawab di masa pemerintahan Yasti – Yanny. Tak kalah menarik kalau peningkatan sarana dan prasarana transportasi masyarakat, dibarengi dengan peningkatan sarana transportasi bagi ASN agar memudahkan mereka menuju Lolak melakukan aktifitas perkantoran.

Baca Juga :  18 Tahun Lalu, Megawati Jadi Presiden Perempuan Pertama

Tak hanya itu saja, masyarakat pun sangat antusias menyambut program di bidang pendidikan gratis untuk SD, SMP dan SMA, adanya beasiswa bagi Mahasiswa melalui program anak asuh pemerintah daerah melalui kerjasama dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia, bantuan seragam untuk anak sekolah dan peningkatan kualitas tenaga pendidik. Konsep ini mempertegas betapa Yasti dan Yanny memikirkan peningkatan infrastruktur dan supra struktur di Daerah, terutama dunia pendidikan.

Pada bidang kesehatan, mereka akan melakukan peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas sebagai rawat inap, peningkatan akses dan percepatan pelayanan kesehatan dalam bentuk layanan bergerak serta penambahan tenaga medis. Pelayanan kesehatan harus menjadi hal yang diutamakan.

Saya sangat optimis Bolmong Hebat akan terwujud. Apalagi Yasti dan Yanny memiliki 10 poin janji kampanye untuk kesejahteraan rakyat, mempersiapkan 140 program, 200 lebih kegiatan yang akan direalisasikan pasca pelantikan. Bolmong benar-benar hebat memiliki pemimpin seperti Yasti-Yanny. (*).

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top