Menu

Mode Gelap

Berita Politik

Pembegalan Logistik Pemilu Diduga Terjadi di Kotamobagu Utara, Begini Pernyataan Saksi Parpol dan Panwascam


29 Feb 2024 15:28 WITA


 Pembegalan Logistik Pemilu Diduga Terjadi di Kotamobagu Utara, Begini Pernyataan Saksi Parpol dan Panwascam Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Politik – Hasil pleno penetapan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Utara diduga terdapat indikasi kecurangan.

Hal ini disampaikan langsung oleh saksi Partai Demokrat Kotamobagu, Gerald P. Runtuthomas, Kamis (29/2/2023).

Selaku saksi yang diberikan mandat oleh Partai Demokrat, pihaknya menemukan ada berbagai indikasi kecurangan dan kejanggalan yang ditemukan pada pleno PPK Kotamobagu Utara.

“Pertama ketika selesai pleno terkait hasil suara di 50 TPS, saksi diberitahukan akan menerima salinan jumlah perolehan suara dan salinan hasil pleno di tingkat TPS. Tapi karena ada masalah di aplikasi SIREKAP, maka saksi kembali menerima pemberitahuan untuk ditunda keesokan harinya, dan ternyata bukannya menerima undangan untuk menerima salinan, tetapi undangan pencermatan kembali antara C1 hasil dengan Plano maupun SIREKAP. Setelahnya kami meminta dari seluruh salinan suara sah, ternyata tidak bisa karena di SIREKAP itu banyak yang merah” jelas Gerald

Lanjutnya kejanggalan lain juga, ketika semua saksi sudah datang di tempat pleno PPK Kotamobagu Utara, tepatnya di Gedung Bontean, Desa Bilalang I, ternyata kotak suara sudah tidak berada di tempat.

“Kita tidak tahu kotak suara dibawa kemana, dan juga tidak ada pemberitahuan. Harusnya kotak suara ketika diangkat atau diangkut sudah selesai seluruh rangkaian pleno PPK. Ketika sudah semua, kemudian penetapan dan penyerahan hasil salinan ke saksi-saksi dan Panwascam Kotamobagu Utara. Selanjutnya, pengangkutan kotak suara yang disaksikan para saksi partai dan Panwascam,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ini ketika saksi sampai bersama Panwascam Kotamobagu Utara, kotak suara sudah tidak ada.

“Ini kita datang jam 10 sesuai undangan yang disampaikan melalui via WhatsApp. Namun sesampainya disini, kotaknya sudah tidak ada,” kata Gerald.

Dengan adanya kasus itu, Gerald menyimpulkan ada kerancuan dalam pleno PPK Kotamobagu Utara.

“Nah ini rancu, kita tidak tahu kotaknya dibawah kemana. Kami dari saksi Partai Demokrat merasa sangat dirugikan sekaligus kami menolak dengan hasil pleno tingkat PPK Kotamobagu Utara ini,” pungkasnya.

Ia menambahkan soal kotak suara dibawa kemana, itu tidak ada pemberitahuan sama sekali sekaligus tidak ada yang menyaksikan. Padahal proses pleno masih berlangsung namun belum selesai, kotak suara sudah tidak ada, dalam proses pleno yang sedang berlangsung di tingkat PPK Kotamobagu Utara.

“Makanya, kami mencurigai ada indikasi kecurangan yang terjadi di 50 TPS karena dengan begini seperti ada yang disembunyikan. Kami sebagai saksi berkesimpulan bahwa ini ada pembegalan Logistik Pemilu di Kecamatan Kotamobagu Utara yang terstruktur, sistematis dan masif,” tuturnya.

Sementara, salah satu Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kotamobagu Utara Ucok Sugiarto juga menyampaikan hal serupa bahwa, tidak ada pemberitahuan kepada Panwascam soal pengangkutan kotak suara hasil Pemilu di Kotamobagu Utara.

“Tidak ada pemberitahuan, yang ada di undangan soal pleno penetapan D hasil, namun soal penggeseran kotak suara dari tempat pleno kemana itu saya tidak tahu dan tidak ada pemberitahuan dari PPK atau KPU Kotamobagu,” ungkapnya.

Menurutnya, harusnya ada penyampaian terkait pengangkutan kotak suara dari PPK Kotamobagu Utara.

“Prosedur itupun setelah pleno penetapan D hasil, baru kotak suara itu digeser kemana. Dan itu juga harusnya turut disaksikan Panwascam dan saksi-saksi partai,” jelasnya.

Terpisah, salah satu anggota kepolisian yang berjaga menyampaikan tadi jam 9 diangkut kotak suara. Namun tanpa pemberitahuan siapa yang membawa kotak suara tersebut. (*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 145 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Ketua DPRD Kotamobagu Dampingi Wagub Sulut Safari Ramadan di Molinow

22 Maret 2024 - 19:48 WITA

Ketua DPRD Kotamobagu Dampingi Pj Walikota Serahkan Bantuan Bus ke IPDN

18 Maret 2024 - 17:07 WITA

Inilah Nama-nama Incumbent yang Gagal Terpilih Lagi ke DPRD Kotamobagu

5 Maret 2024 - 21:09 WITA

Nasib Parpol Pengusung Prabowo- Gibran di Kotamobagu: Kursi Golkar dan Demokrat Turun Drastis, Gerindra dan PAN Nihil

5 Maret 2024 - 20:13 WITA

Ketua Panwascam Kotamobagu Utara Akui Tidak Ada Pemberitahuan Terkait Pemindahan Logistik Pemilu

29 Februari 2024 - 17:47 WITA

Trending di Berita Politik