Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Diminta Beber Penyebab Defisit Rp136 Miliar

Foto Berita Bolmong
Foto Berita Bolmong

Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk.

BOLMONG–  Defisit anggaran sebesar Rp136 miliar  yang mengancam Aparatur Sipil Negara (ASN) Bolmong tak menerim gaji Desember nanti, mendapat perhatian banyak kalangan. Salah satunya dari Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow (KPMIBM) Cabang Makassar.


Ketua KPMIBM Cabang Makassar Febri Bambuena mendesak Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk membuka ke publik penyebab terjadinya deficit anggaran yang begitu besar.

“Agar publik tahu. Jangan hanya dilempar begitu saja bahwa terjadi defisit tetapi penyebabnya tak dibeber.Kami menduga pasti ada sesuatu yang keliru sehingga terjadi defisit anggran. Apakah itu perencanaan yang salah atau ada penggunaan anggaran tidak sesuai peruntukan, itu hanya Pemkab yang tahu,” kata Febri, Senin (14/8).

Membeber penyebab defisit anggaran ke publik, Pemkab Bolmong  tak akan menyalahi aturan sebagai bentuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Undang undang KIP adalah jaminan bagi Pemerintah Daerah dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Apalagi ini terkait dengan kondisi keuangan daerah yang bisa membuat ASN tak menerima gaji,” jelas Febri.

Sementara itu, sumber resmi menyebutkan, anggaran gaji ASN sebenarnya telah tertata selama satu tahun melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Namun dana itu dialihkan ke kegiatan fisik.

“Keliru sekali kebijakan itu dan terjadi sebelum bupati saat ini dilantik,” beber sumber.

Sekda Bolmong Tahlis Galang saat ditemui wartawan mengaku akan membeberkan ke media apa yang menjadi penyebab defisit agar diketahui oleh masyarakat Bolmong. “Nanti kalau datanya sudah rampung, kami akan sampaikan melalui media,” kata Tahlis. (ahr/rab)

To Top