Berita Politik

Daftar Lewat Independen, Paslon Tak Bisa Lagi Lewat Parpol

Daftar Lewat Independen, Paslon Tak Bisa Lagi Lewat Parpol Berita Politik
Kroniktotabuan.com

 

Daftar Lewat Independen, Paslon Tak Bisa Lagi Lewat Parpol Berita Politik

Aditya Tegela

KOTAMOBAGU– Mulai Sabtu (25/11/2017) besok, pendaftaran pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota lewat jalur independen dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu. Paslon independen akan diberikan waktu hingga 29 November mendatang untuk mendaftarkan diri di KPU.

Sejauh ini hanya Jainuddin Damopolii dan Suhardjo Makalalag yang disebut-sebut akan memanfaatkan jalur independen.

Sebelum mendaftarkan diri lewat independen, KPU Kotamobagu kembali mengingatkan agar siapapun harus meyakinkan diri sebelum mendaftar. Karena Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017, Pasal 34 dengan tegas menyebutkan bakal pasangan calon perseorangan yang telah mengikuti proses verifikasi administrasi tidak bisa diajukan sebagai calon partai dan atau bakal pasangan calon oleh partai politik.

“Namanya sudah mendaftar lewat jalur perseorangan, tidak bisa lagi maju atau diusung parpol. Kemudian 25 November besok sampai 8 Desember 2017 akan dilakukan verifikas,  penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda bagi pasangan calon perseorangan,” kata Komisioner KPU Kotamobagu Aditya Tegela, Jumat (24/11/2017) di kantornya.

Aditya menegaskan, meskipun paslon mundur atau tidak memenuhi syarat sebagai calon perseorangan, tetap pintu untuk maju lewat usungan parpol sudah tertutup.

“Jadi harus benar-benar yakin, memiliki kemantapan hati maju melalui jalur perseorangan,” ujarnya. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top