Berita Kotamobagu

Diduga Ada Caleg Catut Nama Kepala BKPP untuk Tekan Tukang Sapu

Diduga Ada Caleg Catut Nama Kepala BKPP untuk Tekan Tukang Sapu Berita Kotamobagu Berita Politik
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Jelang Pemilu 2019 mendatang, ada Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kotamobagu di Kecamatan Kotamobagu Utara, diduga menekan petugas kebersihan atau tukang sapu di wilayah itu untuk mendukung Caleg bersangkutan.

Hal itu diungkapkan salah sumber yang meminta namanya dirahasiakan kepada wartawan, Selasa (30/10/2018).

“Ada informasi semua tukang sapu di Kecamatan Kotamobagu Utara diminta untuk mengumpulkan foto kopi KTP dan membuat surat pernyataan mendukung  salah satu Caleg. Kalau tidak mau, mereka diancam akan dipecat bulan Desember mendatang,” ujar  sumber.

Selain KTP dan surat pernyataan, tukang sapu juga diminta untuk memasukkan berkas kepada salah satu Caleg dengan jaminan akan direkrut lagi pada Januari 2019 mendatang.

“Caleg dan timnya itu bilang bahwa harus dukung Caleg dari partainya Ibu Walikota. Untuk berkas yang dikumpul, katanya itu sudah ditunggu oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Jadi siapa tidak mendukung, tidak akan direkrut lagi sebagai tukang sapu pada 2019 mendatang,” tambah sumber.

Kepala BKPP Kotamobagu, Sahaya Mokoginta, saat konfirmasi soal adanya tekanan kepada tukang sapu oleh salah satu Caleg dengan menyertakan namanya, mengaku tidak pernah menginstruksikan dan tidak pernah berhubungan dengan Caleg.

“Malah saya selalu tekankan kepada ASN dan semua tenaga kontrak supaya tidak terlibat politik praktis, karena kita diikat oleh aturan,” kata Sahaya.

Sementara itu, Ivan Tandayu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotamobagu mengatakan, belum menerima laporan itu.

“Kami tunggu laporan dari masyarakat. Kalau laporan itu masuk, kita tindak Caleg tersebut,” tegasnya. (tr2/ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top