Berita Politik

Jainuddin ‘Nekat’ Maju Independen, Ini Risikonya

Jainuddin ‘Nekat’ Maju Independen, Ini Risikonya Berita Politik
Kroniktotabuan.com

 

Jainuddin ‘Nekat’ Maju Independen, Ini Risikonya Berita Politik

Jainuddin Damopolii

KOTAMOBAGU– Wakil Walikota Kotamobagu saat ini Jainuddin Damopolii sudah bulat akan memilih jalur independen untuk maju mencalonkan diri sebagai walikota pada Pikada 2018 mendatang.

Langkah itu diambil karena Partai Amanat Nasional (PAN) yang dia pimpin di Kotamobagu hampir pasti mengusung petahana Tatong Bara.

Pendaftaran jalur independen mulai dibuka Sabtu (25/11/2017) hari ini sampai 29 November mendatang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu. Namun Jainuddin memastikan akan mendaftar pekan depan di tanggal 27, 28 atau 29 November.

“KTP dan surat pernyataan dukungan sudah lebih dari 8.681 sesuai disyaratkan untuk calon perseorangan. Pekan depan saya mendaftar dengan pasangan,” kata Jainuddin saat dihubungi wartawan, Jumat (24/11/2017) tadi malam.

“Soal pasangan sedang digodok. Yang pasti saat mendaftar sudah dengan pasangan,” katanya.

Pilihan Jainuddin melalui independen bukan tanpa risiko. Pasalnya, jika sudah mendaftar kemudian ada parpol yang siap mengusungnya, maka otomatis sudah tidak dibolehkan.

Baca Juga: Daftar Lewat Independen, Paslon Tak Bisa Lagi Lewat Parpol

Demikian pula jika hasil verifikasi administrasi dan faktual nanti tidak lolos, maka sudah tidak bisa lagi dicalonkan oleh parpol.

“Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017, Pasal 34 dengan tegas menyebutkan bakal pasangan calon perseorangan yang telah mengikuti proses verifikasi administrasi tidak bisa diajukan sebagai calon partai dan atau bakal pasangan calon oleh partai politik,” tegas Komisioner KPU Kotamobagu Aditya Tegela. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top